Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Karangasem Tuan Rumah Festival Kelapa Internasional ke 3

Foto : Ist/Hms

KARANGASEM - Pemkab Karangasem akan menjadi tuan rumah Festival Kelapa Internasional ke 3 (tiga)  tahun 2019. Terkait hal tersebut dilakukan Rapat pemantapan dengan koalisi Pemerintah Kabupaten penghasil kelapa (Kopek) di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Jumat (15/2/2019). 

Rapat pemantapan Kopek dibuka secara resmi Ketua Umum Kopek, Nelson Pomalingo sekaligus Bupati Gorontalo didampingi Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri disaksikan sejumlah Kepala Daerah yang tergabung dalam Kopek.

Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri memaparkan, luas wilayah Karangasem 83.954 hektare terdiri dari 8 Kecamatan 78 Desa/Kelurahan 190 Desa Pakraman. Dengan luas sawah 7.151 Hektare dan sisanya merupakan lahan kering seluas 67.569 Hektar dengan jumlah tanaman kelapa sampai tahun 2017 tercatat sebanyak 18.290 Hektar dan akan terus dikembangkan untuk kelapa-kelapa eksotik jenis genjah dan kelapa upacara. 

Untuk kelapa, pada tahun 2017 sudah dikembangkan sebanyak 150 Hektar hingga tahun 2018 telah meningkat hingga 250 Hektar.  Pemkab Karangasem akan menanam semkitar 200 hektar di tahun 2019

Buah Kelapa, jelasnya, telah menjadi bagian yang penting bagi kehidupan Masyarakat Bali dalam kehidupan sehari-hari dan untuk kebutuhan ritual agama dan adat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemkab Karangasem telah mencanangkan Kegiatan Penanaman sejuta Kelapa Genjah seperti  Kelapa Genjah Orange Bali, Kuning, Kelapa Salak, Kelapa Kopyo, Entog dan yang lainnya.

"Kedepannya kami akan terus berusaha untuk menmperbaiki agribisnis kelapa terutama pada sektor hiirisasi kelapa dengan konsep pengolahan kelapa sistem zero waste dalam artian semua komponen kelapa bisa diolah dan dapat menghasilkan nilai tambah," ujar Mas Sumatri.

Festival Kelapa Internasional yang ke 3 di Karangasem akan dikemas berbeda dengan pelaksaaan Festival Kelapa Internasional yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Hal ini disebabkan Festival Kelapa Internasional kali ini akan dikolaborasikarn dengan Festival Subak Karangasem yang sudah ada sebelumnya dan sudah terbukti sukses.

Bedanya Festival Kelapa Internasional yang ke 3 di Kabupaten Karangasem akan menampilkan gelar teknologi dari berbagai komoditi hortikultura, tanaman pangan, peternakan, perikanan dan berbagai varietas kelapa lokal Indonesia, kelapa genjah Indonesia dan yang paling spesial adalah Kelapa-kelapa kelapa upacara (kelapa meadan) dalam mendukung program tamarn Bumi Banten Pmerintah Provinsi Bali, yang dipakai untuk kebutuhan upakara penting di Bali.

Selain hal itu dalam Festival tersebut juga akan digelar berbagai lomba, parade seni budaya, monumen maskot pameran yang serba kelapa, dekorasi serba kelapa, pameran expo kelapa tingkat Internasional dan berbagai kegiatan lainnya.

Bergabungnya Karangasem sebagai anggota KOPEK adalah dalam rangka turut berjuang dan bekerja bersama dengan kabupaten lainnya untuk mewujudkan masa depan perkelapaan Indonesia semakin carah. Pemkab karangasem siap menjadi bagian kopek  dan Pembangunan pertanian dan perkelapaan di Kabupaten Karangasem akan tumbuh bersinergi dengan pembangunan pariwisata dan pemberdayaan desa adat. 

Festival Kelapa Internasional ke 3  ini nanti akan dikolaborasikan dengan Festival Subak Karangasem dan akan menampilkan juga gelar teknologi dari berbagai komoditi hortikultura,tanaman pangan, peternakan perikanan dan berbagai varietas kelapa lokal Indonesia.   

Sementara itu Ketua Umum Kopek, Nelson Pomalingo menyambut baik bergabungnya Kabupaten Karangasem dalam Kopek. Karangasem akan menjadi contoh sinergi apik pertanian kelapa dan pariwisata.  “Selain itu Karangasem akan menjadi museum hidup kelapa di Indonesia,” urainya.  

Sejak berdiri dua tahun lalu, Organisasi Kopek sudah menggelar beberapa kegiatan. festival Kopek pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hilir, dilanjutkan festival Kopek di Kabupaten Lingga dan untuk yang ke 3 akan digelar di Bali khususnya Kabupaten Karangasem.

Sesuai agenda, Festival Kelapa Internasional ke-3 di Karangasem akan berlangsung tanggal 4-7 September 2019 mendatang. (Rls/Cia)

Komentar