Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tiga Tahun Pemerintahan, Wabup Artha Dipa Tekankan Masalah Kesehatan Dalam Apel Disiplin

Foto : Ist/Hms

KARANGASEM -  Tepat 3 (tiga) tahun Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Karangasem, Senin (18/2/2019) Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa Pimpin Apel Disiplin, yang dihadiri seluruh anggota ASN dan Kepala OPD terkait bertempat di Lapangan Tanah Aron Amlapura.

Artha Dipa mengatakan prihal permasalahan terkait kesehatan yang masih harus di tingkatkan di Kabupaten Karangasem ," Saat ini, kita tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan, karena masih adanya penyakit menular seperti tuberkulosa, diare, demam berdarah atau DBD dan lain-lain,"Ucap Artha Dipa dalam Apel tersebut

Wakil Bupati juga mengatakan meningkatnya kejadian penyakit tidak menular, seperti Stroke, Penyakit Jantung, Kanker dan Diabetes, yang salah satunya penyebabnya adalah adanya perubahan gaya hidup masyarakat kita saat ini.

Oleh karena itu pemerintah dengan tidak henti-hentinya sela|u mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan mela|ui gerakan masyarakat hidup sehat atau disingkat GERMAS. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keIuarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Terkait kesehatan, Artha Dipa juga menekankan, Sebagai aparatur pemerintah, kita harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk penerapan GERMAS ini dalam praktek sehari-hari. Contoh kecil saja misalnya dalam penyelenggaraan rapat-rapat di kantor masing-masing, mengurangi penggunaan snack berbahan tepung, gula dan minyak dan menggantinya dengan buah-buahan segar tentunya dengan cara penyajian yang dibuat lebih menarik.

Selain itu, Pada akhir-akhir ini kita dihadapkan pada keadaan cuaca ekstrim seperti hujan dan angin yang menimbulkan beberapa kejadian bencana seperti banjir, dan tanah longsor di beberapa tempat di Kabupaten Karangasem. "Oleh karena itu kita harus selalu waspada dan menjaga serta memelihara kesehatan lingkungan kita,"Ucap Artha Dipa

Artha Dipa melanjutkan, Untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak, pemerintah melaksanakan Program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN yang dimulai per 1 Januari 2014, dimana pemerintah mentargetkan pada Januari 2019 sekitar 95% penduduk Indonesia sudah menjadi peserta JKN. Hal ini untuk mewujudkan UHC(Universal Health Coverage).

"Tercapainya UHC di KabUpaten Karangasem ini, merupakan salah satu bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Karangasem saat ini dalam upaya mewujudkan masyarakat Karangasem yang sejahtera melalui pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas,"Tegas Artha Dipa

Dalam kesempatan yang sama Artha Dipa mengimbuhkan terkait Upacara besar yang akan berlangsung di Kabupaten Karangasem yaitu ada 2 upacara besar , yang pertama upacara panca Bali Krama yang sudah di laksanakan di pura lempuyang dan yang akan dilaksanakan tanggal 6 Maret 2019 di Pura Besakih, upacara akan di awali dengan prosesi Ida Batara tedun melasti ke segara (Pantai) Klotak.

"Sehubungan dengan upacara tersebut, ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan, diantaranya keamanan jalan yang akan di tempuh pada saat upacara berlangsung, yang kedua masalah kebersihan , semua jajaran harus memastikan kebersihan di sepanjang jalan,"Ucapnya

"Saya meminta kepada Sekda Kab. Karangasem dan jajaran OPD terkait agar mengantisifasi permasalahan-permasalahan agar upacara besar ini bisa dilaksanakan dengan baik tanpa hambatan,"Tegas Artha Dipa Kembali. (*/Cia)

Komentar