Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Eka Apresiasi Pencanangan Zona Integritas Lapas dan PA Tabanan

Bupati Tabanan berfoto bersama dengan jajaran Lapas Tabanan dan para undangan seusai pencanangan zona integritas . (foto: Ist/Hms)

TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menghadiri dan mengapresiasi Pencananganan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tabanan dan Pengadilan Agama (PA) Tabanan di Aula Lapas setempat, Senin (4/3)

Bupati Eka dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan mengapreasi semua pihak yang ikut andil mensukseskan kegiatan tersebut. “Terima kasih atas kerjasama dan koordinasi  semua pihak  karena ini adalah tugas kita kepada masyarakat. Apapun yg kita lakukan, mari jalin koordinasi dan komunikasi, tak kenal maka tak sayang. Saya sangat mengapresiasi pencanangan pembangunan Zona Integritas ini, sehingga ke depan bisa melayani masyarakat dengan lebih baik lagi,” harapnya

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka berpesan kepada semua pihak Lapas Klas II B Tabanan untuk mensosialisasikan hal-hal positif yang telah dilakukan oleh pihak Lapas kepada masyarakat.

“Angkat hal-hal positif yang telah dilakukan, sehingga Lapas mempunyai kesan positif di masyarakat. Karena Lapas mempunyai program-program yang baik dan keterampilan kreatif dari narapidana. Mudah-mudahan dengan dibina disini, mereka nantinya bisa bermanfaat di masyarakat seusai menjalani hukuman. Sukses untuk acara ini, sehingga kita bisa bersama-sama mewujudkan visi misi kita, yakni menuju Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Lapas Tabanan I Putu Murdiana  menjelaskan, untuk memenuhi pelayanan masyarakat yang lebih baik menuju WBK dan WBBM, pihaknya telah berbenah di berbagai sektor. Di antaranya pendataan berbasis aplikasi, mulai dari pendataan narapidana masuk dan keluar juga belanja di kantin Lapas setempat menggunakan aplikasi E-Money. “Semua berbasis aplikasi yang mendata semua narapidana dari tanggal masuk hingga lepas dari Lapas,” ungkapnya.

Menurut Putu Murdiana, di dalam aplikasi tersebut akan muncul secara langsung pembinaan apa saja yang akan dilakoni oleh para narapidana yang baru masuk. “Sehingga mereka tahu persis apa yang menjadi tugas mereka selama di dalam tahanan. Segala pelayananan dgn teknologi mereka dapatkan dengan baik tanpa pungutan liar. Bahkan di kantin kita belanja dengan sistem e money, mengunjungi keluarga juga dengan e-money, sehingga tidak ada pungutan-pungutan liar lagi yang membuat citra lapas menjadi buruk,” jelasnya.

Ditegaskannya juga bwhwa pihak Lapas terus berupaya semaksimal mungkin di dalam mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi. “Kami juga terus berupaya semaksimal mungkin melengkapi perlengkapan kami menuju WBK dan WBBM, sehingga bisa berjalan efektif dan efisien. Semoga ini menjadi pemicu kami dalam berkerja menuju Tabanan yang Serasi,” tegasnya.

Selain dihadiri Bupati Tabanan, acara tersebut juga dihadiri Ketua Pengadilan Agama Tabanan Sutaji,  Ketua Ombusdman Perwakilan Wilayah Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Kepala Kejari Tabanan, Ni Wayan Sinaryati, Dandim 1619 Tabanan, Letkol. Inf. Toni Sri Hartanto, Wakapolres Tabanan, Perwakilan PN Tabanan, Sekda Tabanan, I Gede Susila, serta instansi vertikal dan BUMD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan. (Dim/Cia)

Komentar