Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mas Sumatri Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Capaian Kerja Kementerian ESDM

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri saat menerima audensi jajaran kementerian ESDM di ruang rapat Kantor Bupati. Rabu (13/3). Foto : Ist/Humas

KARANGASEM -  Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengapresiasi kegiatan sosilaisasi capaian kerja Kementerian ESDM dimana Kabupaten Karangasem akan dijadikan tempat acara dengan skala nasional. Ajang ini diharapkan semakin memberikan dampak positif bagi Kabupaten Karangasem sehingga semakin dikenal di Tanah Air.  

Hal itu ditegaskan Bupati Mas saat menerima audensi Kepala Kerjasama BPSDM Kementrian ESDM, Milan Nainggolan dan Kabid Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Politeknik Energi Mineral Akamigas CEPU, Eko Hadi Susilo di ruang rapat Bupati Karangasem. Rabu (13/3). 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mas mengungkapkan bahwa  pertemuannya hari ini merupakan tindak lanjut dari pertemuannya dengan Menteri ESDM beberapa waktu lalu, agar Kabupaten karangasem bisa dimanfaatkan dalam pertemuan-pertemuan Nasional.

"Karangasem masih aman karena erupsi Gunung Agung hanya terdampak di beberapa radius," ucapnya didampingi Sekda Kabupaten Karangasem, I Gede Adnya Mulyadi, Staf Ahli Bupati Bidang Kepemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Wayan Sutapa, Kabag Ekonomi Hadi Susila, dan Kabag Adpem I Made Suartana.  

Dalam kesempatan sama, Mas Sumatri juga menegaskan bahwa Kabupaten Karangasem sangat aman untuk dikunjungi bahkan sederetan lokasi wisata juga tidak kalah dengan sejumlah obyek wisata di Bali.

"Karangasem masih aman, karena erupsi Gunung Agung hanya terdampak di beberapa radius,"ucap Bupati.

Mas Sumatri menegaskan, selaku Bupati di Kabupaten Karangasem, dirinya sangat bertanggung jawab atas kemakmuran masyarakat Karangasem.  Baginya, sekecil apapun bantuan akan sangat membantu masyarakat Karangasem, dan pasti akan diperjuangkan dan dilaksanakan.

Upaya memperkenalkan Gumi Lahar lewat pariwisata juga telah dilakukan dan untuk memudahkan wisatawan mengenal Karangasem, maka pihaknya telah meluncurkan tage line Karangasem The Spirit of Bali.

"Selaku Bupati, saya menginginkan masyarakat Karangasem terlepas dari kemiskinan, salah satunya program Desaku Menanti juga sudah di luncurkan," imbuhnya.

Bupati menyebutkan bahwa kendala di Kabupaten Karangasem yakni terbatasnya PAD Karangasem yang masih kecil dengan beban yang sangat berat. Masih banyak infrastruktur yang ingin  dibuat  dan dibenahi, namun masih terkendala dana. 

"Mudah-mudahan untuk mewujudkan keinginan tersebut ada bantuan bantuan yang masuk seperti CSR. Terkit hal ini kami sangat bangga, mudah mudahan dari menterian ESDM selalu membawa bantuannya ke Kabupaten Karangasem," ujarnya.

Menyoal infrastruktur gedung sebagai fasilitas umum, juga masih minim. Pemkab sudah  memprogramkan gedung serba guna di setiap Kecamatan, Namun khusus acara Kementerian ESDM, dalam acara ini memerlukan gedung yang tertutup, maka Pemkab Karangasem akan mengkoordinasikan kembali untuk masalah tempat dengan gedung yang baik. 

Sebelumnya, jajaran Kementerian ESDM, Eko Hadi Susilo menyatakan bahwa kedatangannya terkait persiapan sosialisasi  capaian kinerja Kementrian ESDM yang akan dilaksanakan hari jumat depan tanggal 22 maret 2019.

Untuk tempat, jelasnya, sudah ditentukan dan dikoordinasikan dengan pihak terkait  yakni di Aula Disdikpora dan Gedung Yasa Kerti, dan akan dihadiri sejumlah undangan termasuk dari Pemerintah Provinsi Bali dan jajaran Pemkab Karangasem serta beberapa undangan lainnya.

Eko berharap Bupati Mas Sumatri berkenan memberikan sambutan pada saat acara tersebut. Acara juga akan diisi diskusi panel tentang perkembangan ESDM.

“Kami harap Bupati Mas Sumatri berkenan memberikan sambutan dalam acara tersebut,” harap Eko. (*/Cia)

Komentar