Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Capaian Program JKN-KIS di Tabanan Tembus 95 Persen

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berfoto bersama dengan Kadiskes dan Tim BPJS Kesehatan Tabanan seusai audensi. (Foro: Ist/hms)

TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima Audiensi Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tabanan dr. I Nyoman Suratmika yang didampingi Tim BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Kabupaten Tabanan yang menyampaikan tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Ruang Kerja Bupati, Jum'at (22/3)

Terkait program JLN-KIS yang disampaikan Tim BPJS Kesehatan Kabupaten Tabanan, Bupati Eka Wiryastuti memberikan dukungan dan apresiasinya  karena Pemkab Tabanan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan telah berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Tabanan melalui Program JKN-KIS yang mendapat capaian 95 persen Universal Health Caveradge (UHC).

"Saya menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada pihak Dinas Kesehatan dan  BPJS dalam rangka memajukan pelayanan kesehatan Masyarakat di Tabanan dalam mewujudkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Tabanan yang sudah mencapai 95 persen UHC. Tahun depan capaiannya semoga bisa 100 persen," katanya berharap.

Menurut Bupati Eka, hal itu merupakan kepedulian Pemkab Tabanan  terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Kerjasama yang baik bersama BPJS  menyadarkan masyarakat dalam mengutamakan kesehatan. Bila masyarakatnya sehat tentunya bisa diharapkan  masyarakatnya kuat sehingga bisa melancarkan dan merencanakan serta menjalankan program-program pembangunan dengan baik.

Bupati Eka menambahkan prestasi yang telah diraih Dinas Kesehatan dan BPJS ini merupakan keberhasilan semua pihak, utamanya masyarakat Tabanan yang telah paling berperan dalam meraih prestasi  ini.

“Prestasi yang telah diraih bukan keberhasilan pemerintah, Bupati ataukah Dinas Kesehatan dan BPJS, melainkan ini adalah keberhasilan Masyarakat Tabanan. Selamat buat masyarakat dan seluruh pihak terkait, semoga kerjasama ini berjalan dengan sukses ke depannya, guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Tabanan,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehataan Tabanan I Nyoman Suratmika menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan telah melakukan persiapan-persiapan menuju 100 persen UHC. Salah satunya dengan mewujudkan 100 persen Puskemas terakreditasi yang artinya pelayanan Puskesmas setara pelayanan Rumah Sakit Umum.

“Sebagai contoh semua Puskesmas di Tabanan Tahun ini sudah 100 persen terakreditasi, sehingga masyarakat tidak perlu takut lagi berobat ke Puskesmas. karena pelayanannya hampir sama dengan Rumah Sakit,” jelasnya.

Dijelaskan, di Tabanan saat ini masih ada dua Rumah Sakit Swasta yang belum melakukan kerjasama karena masih dalam tahap pelengkapan administrasi Akreditasi.

“Kalau pihak mereka sudah mempunyai Akreditasi maka semua RS di Tabanan baik Negeri maupun Swasta akan menjadi jejaring JKN sehingga 100 persen UHC tersebut bisa diwujudkan dan visi misi Pemkab Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi semakin dimantapkan,” harapnya.

Menurut Suratmika, UHC adalah suatu Konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup beberapa aspek antara lain ; aksebilitas dan equitas pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif yang meliputi pelayanan preventif, promotif, curative sampai rehabilitative. (Dim/cia)

Komentar