Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mas Sumatri Ajak ASN Berbenah Bangun Karangasem

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri saat memimpin apel disiplin di halaman kantor Bupati Karangasem. Senin (25/3). Foto : Ist/Hms

KARANGASEM - I Gusti Ayu Mas Sumatri tak henti mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun Karangasem agar lebih baik. Kali ini, ajakan itu disampaikan kepada segenap jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) yang ada di Lingkungan Pemkab Karangasem.

Hal itu disampaikan saat Mas Sumatri saat memimpin apel disiplin di halaman Kantor Bupati Karangasem, Senin (25/3). Ada sejumlah permasalahan yang disampaikan dan harus segera disikapi demi tujuan mewujudkan Karangasem The Spirit of Bali.

Selain menegaskan soal kinerja ASN agar tetap berperestasi, berdedikasi, loyal dan tidak tercela. Bupati Mas juga mengingatkan bahwa Kabupaten Karangasem saat ini  sedang mengalami kondisi cuaca kurang bersahabat.

Untuk itu, dirinya meminta agar segenap ASN di lingkungan Pemkab Karangasem turut waspada dan menjadi bagian penyelamatan jika terjadi bencana disekitarnya

"Saya berharap kita semua harus mewaspadainya, harus sigap melaksanakan pergerakan dan penyelamatan," tegas Bupati.

Ada juga berita hoax yang saat ini beredar di media sosial terkait soal pembangunan. Dalam hal ini, Mas Sumatri mengakui bahwa Pemda Karangasem saat ini sedang berbenah dengan membangun infrastruktur dan mewujudkan pembangunan di desa.

Menurutnya, beberapa laporan langsung masyarakat di media sosial tersebut  bisa menjadi kritik membangun dan tetap harus dicek sesegera mungkin untuk ditindaklanjuti oleh Dinas terkait.

"Kita harus bersama membenahi agar tidak ada lagi berita seperti itu. Kita harus bekerjasama dan menjalankan sistem pengendalian internal dan menjaganya dengan baik," imbuhnya.

Masih dalam apel kemarin, Mas juga mengingatkan agar perhelatan demokrasi berupa Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang adalah merupakan tantangan bagi Kabupaten Karangasem dan harus berjalan lancar dan demokratis.

"Mari kita rubah semua citra buruk Kabupaten dimulai dari hal kecil hingga hal besar. Karena kenyamanan masyarakat ada di tangan kita sebagai pelayan masyarakat," lanjutnya.

Tekait dengan tugas dan fungsi, Mas Sumatri mendapat laporan bahwa Irda membagi tugas dengan OPD. Ada 50 OPD dengan pimpinannya.

Tugas tersebut harus didiskusikan, tupoksinya harus dibaca serta difahami secara teliti. Irda mempunyai 5 fungsi salah satunya fungsi keuangan. Hal ini menjadi satu hal yang harus dijadikan fokus agar Kabupaten Karangasem terbebas dari KKN. 

Di kesempatan sama, Mas juga menegaskan agar para pejabat esolon II dan esolon I di lingkungan Pemkab Karangasem segera melaporkan harta kekayaannya.

Menurutnya harus ada pelaporan dan Sekda segera mengistruksikan terkait hal itu, dalam rangka persiapan menuju era industi  dimana harus segera dirumuskan karena sampai saat ini belum ada implementasinya.

Soal kedisiplinan dan kerapian pegawai juga menjadi sorotan kemarin, menurut Mas tentu ada format yang dipergunakan sebagai panduan. Bagi pegawai perempuan wajib menggunakan seragam perempuan seperti rok. Dan terkait dengan pembedaan antara tenaga kontrak dengan PNS, ini harus dipisahkan sesuai dengan tupoksinya, sehingga ada format yang baik dan bagus dan berdampak pada kedisiplinan pegawai.

Mengakhiri pidatonya, Mas Sumatri juga berpesan  kembali agar seluruh pegawai membantu pemerintah daerah agar memfollow akun pemerintah daerah.

"Kita harus memanfaatkan sosial media dalam memajukan Karangasem untuk mewujudkan Karangasem The Spirit of Bali," imbuh Bupati Mas Sumatri. (*/Cia)

Komentar