Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tabanan Raih Penghargaan PPD 2019 Terbaik III Nasional

Wabup Tabanan I KOmang Gede Sanjaya mewakili Pemkab Tabanan saat menerima trophy penghargaan PPD III Nasional dari Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist/Hms)

JAKARTA - Pemkab Tabanan kembali meraih penghargaan bergensi di tingkat nasional. Kali ini Pemkab di bawah kepemimpian pasangan Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati (Wabup) Komang Gede Sanjaya menerima penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2019 sebagai peringkat III Nasional dari Bapenas.

Piagam dan trophy penghargaan tersebut diterima Wabup Komang Gede Sanjaya dari Presiden RI Joko Widodo pada acara  Musyawarah Perencanaan Pembanagunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 yang dilaksanakan di Hotel Sangri La di Jakarta, Kamis (9/5) lalu.

Pada Tahun 2019 ini Presiden Joko Widodo memberikan PPD kepada 3 provinsi, 3 kabupaten dan 3 kota terbaik se-Indonesia, serta 1 penghargaan khusus. Setelah menyerahkan penghargaaan, Jokowi langsung memberikan arahan sekaligus membuka Musrenbangnas 2019 serta meluncurkan Visi Indonesia 2045.

Dalam arahannya saat itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia memiliki peluang besar menjadi Negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di Dunia. Bahkan Ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat pada tahun 2045. Asalkan setiap Kementrian/Lembaga serta Daerah memiliki kemauan untuk berubah.

“Banyak tantangan yang harus diselesaikan dan dihadapi. Jangan dipikir kita biasa-biasa saja tanpa kerja keras kemudian masuk ke empat besar, ke lima besar ekonomi terkuat. Jika ingin maju dan menjadi nomor lima Dunia, Daerah harus mampu fokus pada pengembangan sektor Infrastruktur,” tegasnya.

Sementara Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, penilaian ihwal siapa yang menjadi pemenang kini lebih komprehensif. Karena tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga tentang pencapaian pembangunan Daerah.

Disampaikan, objek dan ruang lingkup penilaian juga mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan proses penyusunan RKPD. Selain itu juga mengenai pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan, inovasi yang dimunculkan serta berkontribusi dalam realisasi kinerja di Daerah.

“Penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. Selain itu juga, ada penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di Daerah,” jelas Bambang dalam sambutannya.

Selain Kabupaten Tabanan, Provinsi, Kabupaten, dan Kota terbaik se-Indonesia, serta satu penghargaan khusus, yang diberikan Penghargaan oleh Presiden Joko Widodo, di antaranya, Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi, yakni Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Tabanan. Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota, yakni Kota Semarang, Kota Denpasar dan Kota Makassar. serta Kategori Penghargaan Khusus Pembangunan Infrastruktur Daerah Skema KPBU adalah Kota Semarang. (Dim/Cia)

Komentar