Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Tabanan Sembahyang di Pura Pucak Teratai Bang

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama dan anggota DPRD Tabanan Nyoman Suadiana saat bersembahyang di Pura Pucak Tanah bang. (Foto:ist/Hms)

TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menghadiri uleman serangkaian Karya Memungkah, Melaspas, Ngenteg Linggih dan Caru Manca Kelud di Pura Pucak Teratai Bang, Bukit Catu, Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, Minggu, (26/5) malam.

Hadir pula saat itu di Pura  dengan pengempon sebanyak 205 Kepala Keluarga yang merupakan warga Desa Pekraman Bukit Catu tersebut, Ketua DPRD Bali N. Adi Wiryatama, anggota DPRD Kabupaten Tabanan Nyoman Suadiana, Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Perbekel dan Tokoh masyarakat setempat.

Karya memungkah, Melaspas, Ngenteg Linggih dan  Caru Manca Kelud yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa pekraman Bukit Catu di Pura yang terkenal memiliki aroma belerang tersebut karena telah rampungnya beberapa pembangunan di Pura tersebut yang puncak Karyanya digelar pada saat rahina Tumpek Landep, Sabtu, 25-05-2019.

Bupati Tabanan pada kesempatan tersebut memberikan apresiasinya kepada pengempon yang telah melakukan gotong-royong dan menunjukkan persatuan dan kesatuannya dalam melaksanakan karya memungkah, melaspas, ngenteg linggih dan caru manca kelud di Pura Pucak Teratai Bang.

Saat berada di Pura Pucak Teratai Bang, Bupati Eka beserta rombongan juga melakukan persembahyangan dan menyampaikan rasa syukurnya dan sujud syukur atas  apa yang telah diberikan oleh Ida sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan yang Maha Esa.

Selain sebagai wujud Syukur, persembahyangan ini juga merupakan wujud cihna bhakti (pengabdian) seorang Kepala Daerah terhadap  Masyarakatnya, sehingga apa yang menjadi visi dan misi dari Pemerintah tetap bisa bersinergi dengan masyarakat, dan apa yang dicita-citakan bisa tercapai sesuai dengan apa yang diinginkan.

Selain melakukan persembahyangan, pada kesempatan tersebut Bupati Eka juga ngaturang punia yang diterima oleh Ketua Panitia Karya. Selanjutnya Bupati Eka melakukan peninjauan di sekitar areal Pura. (Dim/Cia)

Komentar