Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemkab Tabanan Gelar Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila

Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman kantor Bupati Tabanan. (Foto:ist/hms)

TABANAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Tabanan, yang digelar  di Halaman Kantor Bupati Tabanan, Sabtu (1/6).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Gede Susila berpesan  peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai pancasila.
 
“Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan, pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Rangkaian proses besar tersebut harus kita dalami dan pahami rohnya. Tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” ungkapnya.

Ditekankan, Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Menurut Presiden Jokowi, Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para pendiri bangsa  Indonesia. Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

"Keberagaman yang ada secara alami dan cultural harus di kelola dan dikembangkan untuk membangun Tamansari kebudayaan yang memungkinkan semua mahluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua," tegasnya

Terkait hal itu, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling kerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia,”paparnya. (Dim/Cia)

Komentar