Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Tabanan Menerima Kunjungan Peserta Diklat PIM Minahasa Tenggara

Bupati Tabanan didampingi sejumlah pejabat berfoto bersama peserta Diklat PIM IV Kabupaten Minahasa Tenggara (Fot: ist/hms)

TABANAN - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi sejumlah pejabat menerima rombongan peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) Tingkat IV di kantor bupati setempat, Selasa (6/8) siang.

Bupati Eka dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada segenap rombongan karena memilih Kabupaten Tabanan sebagai lokus Benchmarking, mengingat Tabanan berbasis sektor Pertanian dipadukan dengan  sektor Pariwisata.

"Kita ketahui Pariwisata yang ada di Tabanan dikenal dengan sunsetnya yaitu Tanah Lot, ada Jatiluwih dengan terrassering dan Danau beratan, dimana semua objek wisata ini  di kelola oleh Badan pengelola yang telah banyak memberikan kontribusi untuk pembangunan di Tabanan. Selain objek wisata, juga ada desa wisata yang telah memiliki homestay bagi wisatawan," paparnya.

Tidak hanya itu, Bupati Eka menjelaskan, di Tabanan juga memliki program partisipatif yang di lakukan oleh masyarakat secara gotong-royong seperti pembangunan jalan ke tempat ibadah, ke tempat pengairan air ke sawah dan juga pembangunan gorong-gorong.

“Dengan gotong-royong, Saya yakin masyarakat pasti mau merawat dengan sebaik-baiknya. Dan selama berada di Tabanan jangan sia-sia kan waktu liat sector pertaniannya mana, wisata desa yang berada  di 44 desa yang terdiri dari rumah-rumah penduduk, “ ungkapnya.

Bupati Eka menambahkan, meskipun mempunyai banyak program dalam memadukan potensi Pertanian berbasis Pariwisata, Tabanan masih tidak ada apa-apanya tanpa gotong-royong dari semua pihak.

“Tabanan itu tidak ada apanya, tapi kita hanya memiliki rasa tulus keiklasan dan apapun itu yang terjadi adalah berkat kerjasama semuanya. Saya hanya simbul saja, tapi para OPD dan rakyat Saya memang betul -betul mau untuk diajak membuat suatu perubahan,” tambahnya.

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap yang langsung memimpin rombongan dalam sambutannya mengungkapkan, benchmarking merupakan salah satu proses rangkaian kegiatan diklat PIM tingkat IV pola baru untuk memberikan gambaran dan perbandingan pada peserta mengenai situasi dan kondisi lokus yang dikunjungi, baik dari aspek budaya, organisasi, kinerja organisasi maupun SDM untuk nantinya bisa di adopsi atau pun diadaptasi sesuai dengan kondisi setempat.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati Tabanan dan jajarannya atas penerimaan yang begitu hangat penuh persahabatan dan keterbukaan," katanya.

Menurut Bupati James Sumendap, Diklatpim IV memilih Tabanan sebagai lokus karena Kabupaten Tabanan luar biasa karena punya banyak potensi  untuk kesejahteraan masyarakat. Konsistensi dan komitmen tinggi terhadap kebutuhan masyarakat di semua bidang untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas, adil dan merata.

"Melalui Diklat PIM ini, kami berharap nantinya mendapatkan bekal dan komparasi yang positif untuk dapat diimplementasikan di Kabupaten Minahasa Tenggara untuk mensejahterakan masyarakat," pungkasnya. (Dim/Cia)

Komentar