Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

UCLG-ASPAC Tunjuk Pemkot Denpasar Dalam Aksi Perubahan Iklim

Sekda Kota Denpasar saat menerima Technical Coordinato United Cities and Local Governments Asia Pasific di Kantor Walikota Denpasar Senin (7/10) .(Ist)

DENPASAR - Keberhasilan Pemkot Denpasar dalam meningkatkan kualitas udara secara berkelanjutan mendapat perhatian beragam kalangan. Kali ini, United Cities and Local Governments Asia Pasific (UCLG-ASPAC)  menjadikan Pemkot Denpasar sebagai pilop priject rencana aksi perubahan iklim. Dipilihnya Pemkot Denpasar merupakan rekomendasi dari Kementerian LHK RI yang melihat kesiapan Kota Denpasar melakukan berbagai hal untuk wujudkan green city.

Demikian diungkapkan Technical Coordinator UCLG-ASPAC Dini Laraswati saat audensi dengan Sekda Kota AAN Rai Iswara di Kantor Walikota Denpasar Senin (7/10).

Lebih lanjut Dini mengatakan bahwa Pemkot Denpasar memiliki komitmen yang besar dalam menciptakan udara yang bersih dan berkualitas. Kendati menjadi Ibukota Provinsi Bali dengan hiruk pikuk keramain kota, udara di Kota Denpasar saat ini bisa dibilang bersih dan berkualitas. Kendati demikian kedepan diperlukan pendampingan pendampingan teknis dari UCLG-ASPAC agar lebih struktur dan berkelanjutan.

Dengan adanya aksi perubahan iklan diharapkan nantinya Pemerintah Kota Denpasar mempunyai berbagai kegiatan terkait aksi lingkungan yang rendah karbon. “Karena target dari kegiatan ini adalah pembangunan rendah karbon, selain itu kegiatan ekonomi di Kota Denpasar juga mengalami kebaikan,” ujar Dini.

Sementara Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengatakan,  aksi perubahan iklim menjadi perhatian bersama sehingga Pemerintah Kota Denpasar berkomitmen tinggi dalam upaya mengatasi polusi udara.

Pemkot Denpasar kata Rai Iswara menyambut baik kegiatan ini., mengingat Pemerintah Kota Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama IGN Jaya Negara juga memiliki komitmen untuk menciptakan Kota Denpasar yang bersih, sehat dan hijau.

Menurut Rai Iswara selain kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan  rasa nyaman juga sangat penting bagi masyarakat Kota Denpasar. Dengan terpilihnya Kota Denpasar membuat rencana aksi perubahan iklim di Kota Denpasar, maka diharapkan  analisa dan penilaian yang dilakukan UCLG Aspac memberikan kontribusi positif bagi kemajuan serta pembangunan Kota Denpasar.  

“Untuk mewujudkan pogram ini harus diketahui permasalahan  yang ada  dan segara akan melakukan langkah langkah strategis untuk menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik lagi dan nantinya akan dikoordinasikan   Kepala Badan DLHK,” tegasnya. (*/Cia)

Komentar