Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Prajuru Desa Adat Tinungan Dikukuhkan

Acara persembahyangan bersama serangkaian pengukuhan Prajuru Desa Adat Tinungan, Desa Apuan, Baturiti, Tabanan. Pengukuhan bersamaan dengan dilaksanakannya Upacara Piodalan di Pura Puseh setempat bertepatan dengan Anggara Kasih Perangbakat. Selasa, (22/10). (Ist/Mul)

TABANAN – Ketua Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Tabanan,  I Wayan Sujana Tontra  mengukuhkan Prajuru Desa Adat Tinungan,  Desa Apuan, Baturiti,  Tabanan. Pengukuhan bersamaan dengan dilaksanakannya Upacara Piodalan di Pura Puseh setempat bertepatan dengan Anggara Kasih Perangbakat. Selasa,  (22/10). 

Prajuru Desa Pekraman Tinungan yang dikukuhkan yakni I Ketut Bawa Artana (Bendesa Adat),    I Wayan Karsana (Sekretaris), dan I Ketut Suryanata (Bendahara).

Dalam kesempatan sama, dua Kelian Adat setempat juga turut dilantik yakni Kelian Adat Tinungan Kauh, I Nyoman Martana,  dan Kelian Adat Tinungan Kangin, I Nyoman Nitiawan. 

                                       

Ketua Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Tabanan,  I Wayan Sujana Tontra mengatakan apresisiasnya atas kekompakan warga dan telah sepakat memilih jajaran Prajuru Desa yang akan bertugas di lingkungan Desa Adat Tinungan, Apuan, Baturiti.

Dihadapan warga yang hadir, Tontra kembali menegaskan bahwa tugas bendesa adat dengan prajuru adat adalah mengatur tata kehidupan di Desa Adat sesuai dengan ‘Awig-awig dan Perarem” yang sudah tersurat,  tata kehidupan yang diatur meliputi bidang parhayangan,  pawongan dan palemahan agar terwujud keharmonisan di wilayah Desa Adat.

“Kami berharap prajuru Desa Adat Pekraman Tinungan yang terpilih bisa mengembat amanah dengan baik sekaligus mampu menjembetani berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” ujarnya di sela-sela pengukuhan.

                                        

Bendesa Adat Desa Adat Tinungan, I Ketut Bawa Artana menyatakan siap mengemban tugas yang dipercayakan oleh warga Desa Adat Tinungan sebab merupakan amanat yang harus dijalankan sesuai aturan sekaligus bagian dari upaya ‘ngayah’ di lingkungan desa adat.

“Kami siap menjalankan amanat dan ngayah sebagai bagian dari warga Desa Adat Tinungan,” ungkapnya.

Acara pengukuhan Prajuru Desa Adat Tinungan ini selain dihadiri seluruh krama desa adat setempat,  juga dihadiri Ketua Majelis Alit Desa Adat Kecamatan Baturiti I Wayan Jelada,  Pejabat yang mewakili Camat Baturiti,  dan Penjabat Desa Apuan I Wayan Wiantara.   Acara diakhiri dengan persembahyangan bersama.  (*/Mul)

Komentar