Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ulun Danu Festival ke V

Tarian Topeng Gajah Mada dan Wayang Emas Siap Manjakan Wisatawan

Foto : Ist

TABANAN - Tarian sakral berupa tarian Topeng Gajah Mada Majapahit siap akan memanjakan pengunjung dan wisatawan dalam acara Ulun Danu Festival yang akan digelar Kamis (24/10).  Berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk mempersiapkan  70 penari yang akan menari secara kolosal dalam event Ulun Danu Festival ke 5 (lima) kalinya tersebut.

Tarian ini nantinya akan dipentaskan di Pura Taman Beji sekaligus ungkapan syukur kapada Dewi Danu atas anugrah yang telah diberikan bagi masyarakat Bali atau warga Tabanan khususnya.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengaku semua kegiatan di ajang Ulun Danu Festival 2019 kali ini sekaligus sarana promosi pariwisata yang diharapkan semakin mendongkrak pendapatan bagi Pemda Tabanan.

                                        

“Ini merupakan bagian dari promosi dan diharapkan mampu mendongkrak pendapatan di sektr pariwisata,” ujarnya disela-sela jumpa pers dengan awak media di kawasan Ulun Danu, Tabanan. Selasa (22/10).

Meski baru pertama kali dipentaskan, namun pementasan topeng sakral ini diinisiasi  mampu memberikan ‘aura’ positif berupa perdamain dan persatuan mengingat kawasal Bedugul dinilai termasuk bagian dari 9 (Sembilan) cakra dunia.

Eka juga menyebutkan, pementasan tarian Gajah Mada juga diharapkan mampu menghidupkan kembali kejayaan Majapahit dimana telah mampu mempersatukan nusantara meski berbeda suku, ras dan agama.

“Semoga menjadi tonggak sejarah bangkitnya Majapahit, apalagi ulundanu termasuk dari 9 cakra dunia,” tegasnya.

                                      

Selain menyuguhkan tarian sakral Topeng Gajah Mada, para pengunjung akan dimanjakan dengan pementasan Wayan Emas majapahit dan dirangkai berbagai kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik.

 Pihaknya pun berharap festival dapat menyedot hingga 5 ribu wisatawan, dan masyarakat bisa menyaksikan event ulundanu festival tersebut.

Disisi lain, Manager DTW Ulundanu Beratann,  I Wayan Mustika menyatakan kegiatan festival sudah dimulai dengan lomba membuat penjor yang diikuti sekeha teruna teruni dari Gebog Pesatak, dianjutksn dengan lomba membuat cane berikut lomba membuat lamak dengan logo Wonderfull Indonesia.

Event ini juga menyajikan lomba lainny berupa lomba gebogan khas Baturuiti berupa sayur dan buah dan  lomba kuliner vegetarian. Dan bagi pengunjung  akan disuguhi free tela rebus, kacang, jagung dan hasil bumi lainya.

“Untuk anggaran kami disupport Pemkab Tabanan Rp 1 miliar dan Kementerian Pariwisata sebanyak Rp 400 juta berupa barang dan dana promosi DTW Rp 100 juta,” urai Mustika. (*/Cia) 

Komentar