Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabah Corona Meluas, Gubernur Koster Tegaskan Bali Siap Terima Kunjungan Wisman

Gubernur Koster saat memimpin rapat koordinasi penanganan dampak Virus Corona di Jayasabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Senin (3/3). (Ist)

DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan Bali aman untuk dikunjungi meski wabah virus corona semakin meluas hingga ke sejumlah Negara di dunia.

Hal itu ditegaskan Koster usai memimpin rapat koordinasi tentang penanganan berbagai dampak Virus Corona terhadap pariwisata Bali, di Jayasabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Senin  (3/3). 

“Bali sangat aman dan siap menerima kedatangan wisatawan dari berbagai belahan dunia,” tegasnya didampingi wagub, Tjok Artha Adhana Sukawati dihadapan  sejumlah undangan.

Kesiapan Bali tersebut karena ditunjang dengan system monitoring yang telah dilakukan selama ini. Selain teruji, Bali juga telah berpengalaman kasus serupa seperti halnya merebaknya kasus Flu Burung (SASR) tahun 2003 lalu. Oleh karena itu, hingga saat ini tidak ada wisatawan yang terduga terpapar Virus Corona.

Penegasan Koster juga didukung dengan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali.  Dari sebanyak 73.073 wisatawan asal RRT yang datang ke Bali sejak tanggal 13 Januari 2020 sampai saat ini, memang ada yang diduga sakit sebanyak 18 orang.  Setelah dilakukan pengawasan intensif dan uji laboratorium ternyata semuanya terbukti tidak ada yang terpapar Virus Corona.

Data Dinas Pariwisata Provinsi Bali menunjukkan, Wisman RRT menempati urutan kedua dari segi jumlah, setelah Australia.  Dari 6,3 Juta wisman yang datang ke Bali tahun 2019, sebanyak 1.185.519 orang (18,2 %) adalah wisman dari RRT. 

Data tahun 2019 menunjukkan bahwa Negara-negara yang merupakan sumber utama wisman ke Bali adalah India (374.784 orang), Inggris (287.577 orang), Amerika (277.391 orang), Jepang (258.142). (*/Cia)

Komentar