Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

61 Wisatawan Kembali Pulang ke China

Wagub Bali, Tjokorda Oka Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menyapa para wisatawan Tiongkok di Bandara Internaional Ngurah Rai, Sabtu (8/2). (Ist)

BADUNG – Sebanyak 61 wisatawan asal Tiongkok kembali pulang ke China. Kepulangan Warga Negara Asing ini dipantau langsung Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace). Di Bandara I Gst Ngurah Rai, Tuban, Badung pada Sabtu (8/2) siang.

Puluhan wisatawan ini dijemput langsung Maskapai Penerbangan Tiongkok usai dilakukan   pendataan bagi mereka yang ingin kembali ke negaranya.  Turut hadir bersama Cok Ace yakni  Kepala Otoritas Bandara, KKP Denpasar serta Konjen RRT di Denpasar

Sembari menyapa dengan hangat, Wagub Cok Ace mengucapkan rasa empati yang mendalam atas musibah virus corona yang terjadi di Wuhan, China. Diapun berharap masalah NCov tersebut segera tuntas.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat bali, kami berharap agar masalah ini bisa cepat teratasi dan kembali ke kehidupan normal,” ujarnya di sela-sela pantauanya.

Tokoh Puri Ubud ini memaparkan, kondisi psikologi ke 61 penumpang  yang berangkap dalam kondisi baik dan telah terjadwal akan dipulangkan ke Tiongkok usai dilakukan pendataan.

Prosesi penjemputan WNA kemarin berjalan lancar, meski demikian, seluruh awak kabin pesawat tidak diperkenankan turun dari pesawat guna mengantisipasi hal –hal yang tidak diinginkan.

“Selamat jalan dan semoga selamat sampai tujuan serta  tetap menjaga kesehatan. Kita semua menunggu semuanya lagi di Bali,” tambah Cok Ace.

Meski telah dua kali dilakukan upaa penjemputan, namun sejumlah WN Tiongkok diketahui masih tetap extend di Bali. Hal itu karena mereka memilih untuk memperpanjang masa tinggal atau liburannya di Bali karena adanya virus NCov yang memartikan. Sebagian besar mereka menginap di wilayah Badung.

Upaya penjemputan wisatawan Tiongkok masih akan dilakukan, namun masih melihat  situasi dan kondusi nantinya seperti apa kebijakan pemerintah.

Untuk itu, Cok Ace kembali meminta kepada WN Tiongkok yang ada di Bali segera melapor ke kantor Imigrasi terdekat.

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi Bali sudah memberikan pelbagai kemudahan,   salah satunya yakni meminta pihak hotel untuk memberikan diskon menginap yang dapat disesuaikan dengan kebijakan hotel masing-masing.

Selain meninjau penumpang di Bandara I Gst Ngurah Rai, Wagub Cok Ace juga melaksanakan persembahyangan di Pura Jagatnatha Denpasar dan Pura Dalem Balingkang Ulun Danu Batur, Bangli secara bersama-sama dengan sejumlah komponen pariwisata lainnya seperti BTB, Dinas Pariwisata Bali, Konjen RRT di Denpasar.  

Menurut Cok Ace, persembahyangan ini dilakukan selain untuk mendoakan wabah yang terjadi di Wuhan, China agar cepat berlalu, juga "Ngaturang Piuning" karena rencana pelaksanaan Bali Kintamani Festival batal dilaksanakan sebagai wujud empati atas musibah yang terjadi.

“Kita gelar persembahyangan bersama sebagai wujud empati sekaligus memohon agar wabah virus ini segera berlalu,” ujar mantap Bupati Gianyar ini. (*/Cia)

Komentar