Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bertemu Koster, Walikota Misato Harapkan Kerjasama Bidang Pariwisata

Gubernur Bali, Wayan Koster menerima kunjungan Walikota Misato Jepang, Takashi Kado di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar. Senin (10/2) pagi. (Ist)

DENPASAR - Gubernur Bali,  Wayan Koster menerima kunjungan Walikota Misato Jepang, Takashi Kado di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar. Senin (10/2) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Takashi mengungkapkan keinginannya agar kerjasama di sejumlah bidang tetap terjalin dengan baik termasuk bidang pariwisata dengan Bali.

“Di kota saya akan dikembangkan pariwisata berikut akan membuat hotel. Semoga tenaga kerja dari Bali bisa bekerja ke Misato,” jelasnya.

Walikota Takashi Kado juga mengungkapkan jika hubungan antara Indonesia dengan Jepang sangat dekat. Bahkan di Bali sendiri telah terjalin kerjasama Sister City antara Kota Misato yakni dengan  Desa Mas, Ubud, Gianyar.

Kerjasama yang telah terjalin dimana muda-mudi Desa Mas dikirim ke Jepang untuk bekerja dan belajar,  begitu juga sebaliknya, warga Jepang dikirim ke Desa Mas.

“Saa berharap agar kerjasama yang baik ini bisa terus dilanjutkan,” tambahnya.

Lebih jauh Takashi berharap agar kebudayaan bali, warga bali dan pendidikannya bisa saling bertukar dengan Misato. Bahkan kota Misato juga akan mengembangkan bidang kesehatan dan  pertanian selain pariwisata.

Dalam bidang pariwisata, Takashi mengaku terinspirasi dengan Ubud dimana suasana di kotanya seperti Ubud. Bahkan yang menarik dari Bali adalah kebudayaannya berikut banyak pura dengan  sikap saling menghormati satu sama lain.

“Saya melihat saja sudah sangat puas. Tarian dan musik serta seni sangat menyentuh bagi saya. Dulu di Misato ada banyak pura dan  sangat terkenal namanya Pura Kagura.  Saya menemukan seperti kebudayaan saya sendiri di Bali,” urainya.

Menanggapi hal ini, Gubernur Bali mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kunjungan Walikota Misato. Ia mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya kerjasama dengan Desa Mas.

Gubernur Koster siap mendorong agar kerjasama bisa terus ditingkatkan dan Pemerintah Provinsi Bali siap mendukung serta menfasilitasinya.

“Bali dan Jepang memiliki kemiripan atau kesamaan dalam sisi kebudayaannya.  Terimakasih atas kunjungannya.  Kerjasama yang sudah dibangun cukup lama sudah berjalan dengan baik. Kerjasama yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Bali terutama untuk Desa Mas. Kami sangat mendukung kerjasama ini,” tegas Koster.

Koster juga berjanji akan terus mendorong kerjasama yang baik ini. Begitu pula dengan Pemprov Bali siap untuk terus menjalin kerjasama dan Bulan nopember mendatang Pemprov Bali akan mengadakan Bali World Culture Cellebration dan berharap kota Misato bisa ikut berpartisipasi dalam  acara tersebut. (*/Cia)

Komentar