Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Perayaan Galungan Dan Kuningan, I Gde Dana Ajak Implementasikan Ajaran Hindu Dalam Keseharian

Ketua DPRD Karangasem, I Gde Dana. (Ist)

KARANGASEM  -  Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan telah tiba tahun ini. Umat diharapkan lebih wawas diri dan tetap mengelementasikan ajaran Hindu dalam keseharian. Sebab hal itu akan mendorong Karangasem tetap kondusif.

Hal itu ditegaskan Pimpinan DPRD Karangasem dalam hal ini diwakili Ketua DPRD Karangasem, I Gde Dana. Selasa kemarin.

Diapun berharap seluruh masyarakat  di Gumi Lahar Karangasem memaknai kemenangan Dharma  dalam perayaan Galungan dan Kuningan kali ini dengan lebih mengedepankan sikap toleran sesuai intisari ajaran Hindu yang sebenarnya.

"Jangan sampai ada gesekan antar masyarakat.  Dengan mampu memaknai kemenangan Dharma melawan Adharma sejatinya akan menciptakan situasi tetap kondusif di Karangasem," ujarnya.

Masyarakat Karangasem tegasnya,  telah memiliki dasar sikap tolerasi tersebut dan diharapkan tetap harus dipegang teguh sebab merupakan warisan leluhur dan telah dimiliki sejak dulu.

Terlebih lagi, Kabupaten Karangasem tahun ini akan menggelar hajatan Pilkada berupa suksesi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati September mendatang. Masyarakat harapnya agar tidak mudah terprovokasi dengan informasi bersipat hoax.

"Pesatnya tehnologi informasi menyebabkan masyarakat degan mudah menerap informasi, untuk itu harus bijak memilah informasi,” urainya.

Ketua dewan asal Desa Datah, Kecamatan Abang itu juga meminta masyarakat agar tidak mempersoalkan perbedaan pilihan nanti dan tetap menjaga persatuan dan menjaga situasi kondusif kabupaten Karangasem.

Dalamhal ini, semua elemen masyarakat mesti menjaga semangat bergotong royong di Karangasem. saat ajang Pilkada nanti, masyarakat bisa memilih pemimpin sesuai hati nurani serta melihat rekam jejaknya, guna mewujudkan Karangasem era baru dan lebih baik lagi.

"Karangasem merupakan tempat kita bersama, tetap jaga kondusivitas,” tegasnya.

Selain mengucapkan selamat Galungan dan Kuningan untuk warga Karangasem, Gede Dana juga menyampaikan  permohonan maaf secara pribadi maupun pimpinan DPRD Karangasem kepada seluruh masyarakat atas kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja.

“Mewakili pimpinan DPRD Karangasem, anggota DPRD, staff sekretariat DPRD, serta masyarakat mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga dimoment hari yang penuh kemenangan dharma ini kita bisa saling memaafkan," tutupnya. (Oke)

Komentar