Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Sumatri Buka Musrembang Kecamatan Abang Tahun 2020

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri saat memberikan sambutan sebelum membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Abang di Gedung Serba Guna Abang, Rabu (26/2). (Ist)

KARANGASEM - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Abang di Gedung Serba Guna Abang, Rabu (26/2).  Tema Musrembang tahun ini yakni pengentasan kemiskinan dan peningkatan daya saing  daerah melalui peningkatan infrastrukur, kompetesi sumber daya manusia, investasi berwawasan lingkungan dan berkelanjutan serta pelayanan publik yang prima.

Hadir mendampingi Bupati, Kepala Bappelitbangda, Camat Abang, perwakilan TNI Polri dan para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Karangasem, Camat Abang beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan Para Perbekel, BPM/LPM, Bendesa Adat, Karang Taruna, PKK, Para delegasi Desa/Kelurahan, LSM, Wakil Kelompok Fungsional/Organisasi dan masyarakat di Kecamatan Abang.

Camat Abang, Ida Bagus Eka Ananta melaporkan, Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah stakeholders Kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari desa Kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas desa Kelurahan di Kecamatan tersebut sebagai dasar penyusunan indikatif tahunan daerah tahun 2020 nanti.

Tujuan musrenbang tingkat Kecamatan paparnya, untuk membahas dan menyepakati hasil Musrenbang dari tingkat Desa Kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan Abang.  Termasuk membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat Kecamatan yang belum tercangkup dalam prioritas pembangunan Desa/Kelurahan. Melakukan klasifikasi atas prioritas pembangunan Kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi urusan-urusan organisasi perangkat daerah Kabupaten Karangasem.

Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan yang baik diawali dari penyusunan perencanaan pembangunan yang baik. Dalam rangka konsistensi dan sinergitas perencanaan sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem, maka untuk tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Karangasem menerapkan aplikasi Simda Perencanaan dalam setiap proses perencanaan pembangunan.

Penerapan aplikasi ini merupakan tidak lanjut komitmen  MCP (Monitoring Centre of Prevention) Korsupgah KPK dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi yang bersih dan  transparan sebagai amanat Undang-Undang.

Selain proses perencanaan merupakan hal yang sangat strategis, ketersediaan data awal merupakan hal yang penting karena akan menjadi titik tolak dalam menentukan prioritas pembangunan selanjutnya. 

“Perlu kita pahami bersama bahwa dengan keterbatasan anggaran pemerintah daerah Kabupaten Karangasem mengakibatkan tidak semua usulan dapat dibiayai dari dana APBD Kabupaten Karangasem. Namun demikian pemerintah berupaya keras mendorong usulan prioritas pembangunan agar dapat didanai baik melalui dana APBD Provinsi maupun Pusat sesuai dengan program strategis dan kewenangannya,” tandasnya.

Sebelum sambutan diakhiri, dihari spesial tiga tahun kepemimpinan MasDipa, Bupati Mas Sumatri menyampaikan beberapa kegiatan fisik yang dibiayai dari APBD Kabupaten Karangasem yang berlokasi di Kecamatan Abang . Alokasi anggaran pekerjaan fisik di Kecamatan Abang Tahun 2020 sebesar Rp. 29.191.717.190,00 (Dua Puluh Sembilan Milyar Seratus Sembilan Puluh Satu Juta Tujuh Ratus Tujuh Belas Ribu Seratus Sembilan Puluh Rupiah) yang meliputi, pembangunan jalan Ruas Jalan Tegalinggah Linggasana sepanjang 0,8 Km,pemeliharaan rutin jalan kabupaten Di Kecamatan Abang.

Selanjutnya untuk pembangunan Trotoar Jalan Ruas Jalan Kabupaten di Kecamatan Abang,peningkatan jalan kabupaten Ruas Jalan Datah Asah sepanjang 2 Km, Ruas Jalan Lean Bangle sepanjang 1 Km, Ruas Jalan Bukit Paon Pura Sana sepanjang 1 Km, dan Ruas Jalan Banyuning Bangle sepanjang 0,52 Km.Rehabilitasi Jaringan Irigasi daerah Irigasi Mata Air Tirtagangga III, Penahan, Babakan, Datah, Bale Punduk, Subak Basangalas Tempek Buah Unggah, Ababi VII, Ababi IV,Tuminggal, Embukan, Ababi VI, dan Ababi.

Normalisasi Tukad Celingcing Kecamatan Abang , Pengadaan SPAM PAMSIMAS di Desa Kesimpar Kec. Abang,Rehabilitasi sedang/berat ruang kelas sekolah SMPN 4 Abang, dan SMPN 6 Abang, Pembangunan Kamar Mandi SMPN 3 Abang dan SMPN 6 Abang, Kontruksi Pagar/Penyengker SMPN 6 Abang, SMPN 4 Abang, SMPN 3 Abang dan SMPN 5 Abang.

Penataan Halaman SMPN 3 Abang, Rehabilitasi Perpustakaan SMPN 4 Abang, Rehabilitasi Laboratorium IPA SMPN 3 Abang dan SMPN 1 Abang, Pembangunan Perpustakaan SDN 7 Datah, Rehab Perpus SDN 6 Bunutan,Pembangunan Gedung Kantor SDN 8 Ababi dan SDN 1 Tiyingtali, pembangunan Tempat Ibadah SDN 2 Ababi dan Pembangunan Jamban SDN 1 Tista dan SDN 3 Culik.

Konstruksi Pagar SDN 2 Nawakerti, SDN 3 Ababi, SDN 3 Abang, SDN 4 Ababi, SDN 4 Tista, SDN 2 Pidpid, SDN 4 Tribuana, dan SDN 1 Tribuana. Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 2 Kertha Mandala, SDN 2 Datah, SDN 2 Kesimpar, SDN 3 Tlsta, SDN 3 Pidpid, SDN 4 datah, SDN 1 Kesimpar, SDN 3 Tribuana, SDN 1 Tuyingtali, dan SDN 7 Datah. Pembangunan Rumah Tunggal Layak Huni sebanyak 102 Unit. Instalasi Pengolah limbah sebanyak 4 unit. (*/Oke)

Komentar