Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bahaya Virus Corona, Komunitas MBC Ingatkan Warga Lewat Lagu

Acara Musik Peduli Bangsa ke 6 di Cafe 28 Jalan by Pass Ir. Soekarno Kediri Tabanan Sabtu (07/03) malam. (Foto:Ang)

TABANAN – Berbagai cara dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang saat ini sedang menghantui dunia. Di Tabanan Bali, sebuah komunitas music yang tergabung dalam  Komunitas Music Bali Community (MBC) menggelar aksi MusiK Peduli Bangsa sambil membawa pesan agar bersama-sama mencegah akan bahaya Covid-19.  

Acara Musik Peduli Bangsa ke   6 ini digelar di Cafe 28 Jalan by Pass Ir. Soekarno Kediri Tabanan Sabtu (07/03) malam, menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan serta Polres Tabanan dengan tema "Berkarya Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona".

Ketua Komunitas MBC, Angga Suastika mengatakan, kegiatan music ini memang rutin diselenggarakan tiap bulannya dengan tema yang berbeda.

Adapun tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan adalah untuk mengedukasi para musisi musik. Karena sebagai generasi muda selain menyalurkan hobi juga mendapatkan edukasi yang positif.

"Ya setidaknya kita sebagai musisi selalu mendapatkan edukasi yang positif, sehingga kita sebagai generasi muda dapat peduli terhadap bangsa," ucap Angga.

Tema tersebut dipilih sesuai dengan isu yang berkembang saat ini. Dimana isu virus Corona sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu, kita mengambil tema tersebut untuk dapat mencegah virus Corona.

"Jadi kita ambil tema tersebut untuk mencegah penyebaran virus Corona, dan kita dapat terhindar dari virus tersebut," terangnya.

Sementara, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr. Ketut Nariana dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa virus Corona dapat ditularkan dengan jarak maksimal 2 meter paling panjang dengan penderita. Virus ini sudah ada di semua negara bahkan di Indonesia sudah ada 2 orang yang sudah positif virus Corona. Dan kasus korona ini dibagi menjadi 2 yakni kasus pengawasan dan kasus pemantauan.

"Corona itu sakit biasa, berita baiknya angka kematian 2 persen, walaupun begitu, kita mesti selalu waspada dan menjaga kesehatan kita selalu," ucap dr. Nariana kepada para musisi.

Ia pun menyarankan agar kita selalu menjaga kesehatan dan juga makanan kita. Yang lebih penting makanan kita adalah seperti daging, nasi dan sayur serta rajin mencuci tangan.

"Selalulah cuci tangan pakai sabun, harus pakai sabun, hindari kita pegang pegang wajah sebagai upaya untuk menghindari dari virus Corona," ujarnya.

Dalam penggunaan masker juga perlu diperhatikan, bila ada yang yang sakit baru boleh memakai masker. Kalau untuk yang sehat tidak perlu memakai masker.

"Kalau disini gak usah pakai masker, jadi kita lebih meningkatkan kewaspadaan kita dan juga kita jangan panik, kuman kuman virus Corona ada bungkusnya, kalau kita cuci dengan sabun kuman kumannya akan pecah," terangnya. (Ang)

Komentar