Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Antisipasi Corona, Desa Duda Timur Buat Bilik Sterilisasi

Gede Pawana bersama warga dan bilik sterilisasi di depan Kantor Prebekel Desa Duda Timur, Selat, Karangasem. (Oke)

KARANGASEM - Upaya mengantisipasi wabah virus Corona digelorakan sebagian warga di Pedesaan. Tak ketinggalan, Desa Duda Timur, Selat, Karangasem berinisiatif memasang bilik sterilisasi guna mencegah penularan akan virus mematikan tersebut.

Gebrakan pemasangan alat sprayer desimfektan ini diinisasi Perbekel Duda Timur, Selat, Karangasem, I Gede Pawana. Pria yang akrab dipanggil Guru Gede tersebut membuat bilik sterilisasi dan telah terpasang di areal pintu masuk Kantor Prebekel Desa Duda Timur sejak Minggu (29/3) kemarin.

Bilik setinggi 4 meter dan lebar 2 meter menggunakan kerangka aluminium, dan pada bagian dinding menggunakan plastic tembus pandang atau plastic bening, sehingga orang yang didalam sedang di semprot dengan disinfektan akan terlihat dari luar.

Meski baru dalam tahap uji coba, namun  pengadaan bilik ini diharapkan membantu mencegah penularan virus Corona.

Bilik ini juga dilengkapi dengan saklar dan berpungsi menghidupkan  maupun mematikan pompa yang akan menyemprotkn cairan disinfektan yang tersimpan dalam sebuah tangki.

“Kalo dibeli harus pesan dari luar Bali dan harganya cukup mahal sekitar 18 juta hingga kami berinisiatip untuk membuat sendiri,” ujar Pawana disela-sela pemasangan bilik disimfektan sembari menunjukan kepada beberapa stafnya bagimana bilik tersebut  bekerja.

Bilik yang dibuat ini mampu menyimpan disinfektan dengan kapasitas 520 liter dengan dibantu satu buah mesin pompa sehingga total menghabiskan biaya Rp 7 juta.

Untuk satu liter disinfekta bisa untuk menyemprot 10 sampai 15 orang. Dan dengan tangki berisi penuh penggunanya alat ini bisa menjangkau ratusan orang.

Mengingat pentingnya bilik tersebut, Pawana berenana akan membuat bilik serupa dan dipasang di tempat arena umum seperti di pasar Pesangkan.

“upaya ini kami harapkan bisa mengurangi mewabahnya Covid 19 atau Virus Corona,” jelasnya.

Dirinya berharap alat temuanya ini bisa menginsfirasi Desa desa lainya untuk membuat dan memasang di depan kantor Desa atau jalan Desa. (Oke)

Komentar