Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Cegah Penyebaran Covid-19, Ketua DPRD Karangasem Sebar 6 Ribu Masker Untuk Tenaga Medis

Ketua DPRD Karangasem Gede Dana disela-sela pembagian masker di Puskesmas Abang 1 dan 2, Senin (6/4). (Ist/Oke)

KARANGASEM - Upaya memerangi Covid-19 terus dilakukan sejumlah daerah di Bali. Tak ketinggalan, jajaran Ketua DPRD Karangasem dan sejumlah anggotanya telah menyiapkan sedikitnya 6 (enam) ribu masker untuk dibagikan kepada tenaga medis.

Langkah ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona  yang kian mengkhawatirkan. Secara nasional, kasus ini terus meningkat dengan jumlah kasus signifikan. Demikian juga di Bali, jumlah pasien postif Covid-19 ini semakin meningkat.

“Kami telah menyiapkan 6 ribu masker yang nantinya akan kami sumbangkan untuk membantu tim medis di masing-masing Puskesmas,” ujar Gde Dana disela-sela pembagian masker ke para tenaga medis di Puskesmas Abang 1 dan 2, Senin (6/4).

Gde Dana dan rombongan sebelumnya telah berkunjung ke sejumlah Puskesmas lainnya di Karangasem untuk membagikan masker. Targetnya yakni ingin membantu tim medis di Kecamatan karena meruapakan ujung tombak sehingga sangat membutuhkan masker berikut alat Alat Pelindung Diri (APD) utama lainnya.

Dengan turun langsung ke lokasi, pihaknya sekaligus ingin memastikan bisa berdialog dengan tenaga medis  sehingga diketahui keluhan mereka dalam upaya penanggulangan penyebaran wabah Covid-19.

Di Puskesmas Abang 2 misalnya, Kepala Puskesmas mengakui masih membutuhkan APD guna penanganan kasus atau pasien dugaan Covid-19, utamanya tim medis mereka yang turun langnsung ke lapangan, baik melakukan pemantauan maupun menjemput pasien dugaan Covid-19 dengan ambulance.

“Kalau untuk cadangan masker kami masih memiliki sebanyak 10 ribu masker, yang kami butuhkan saat ini adalah APD seperti baju Hazmat untuk tim medis kami. Saat ini kami punya 12 APD dari Dinas Kesehatan, dan itu untuk disimpan guna antisipasi jika ada kasus Covid-19,” sebut Kepala Puskesmas Abang 2, dr. Ida Made Ananta Warmadewa sembari menyebutkan pihaknya sudah mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp 65 Juta untuk penanggulangan Covid-19.

Menemukan berbagai masukan dari tenaga medis, Gde Dana menyebutkan agar Pemerintah Kabupaten Karangasem perlu mengambil langkah cepat dan cermat untuk mengantisipasi penyebaran wabah mematikan tersebut.

Pihaknya sendiri di lembaga dewan akan mendukung berbagai upaya mengantisipasi dan penanggulangan wabah Covid-19 ini dari sisi anggaran.

“Untuk anggaran penaggulanagan Covid-19 ini, nantinya akan dibahas bersama ekksekutif karena akan ada pergeseran anggaran,” tegas Gde Dana.

Seusai data angka kasus positif Covid-19 di Indonesia saat ini telah mencapai 2.273 kasus, dimana ada penambahan sebanyak 181 kasus. Pasien yang dinyatakan sembuh juga ada penambahan sebanyak 14 orang sehingga total pasien yang sembuh sebanyak 164 orang. Sedangkan pasien yang meninggal juga bertambah sebanyak 7 jadi totak pasien Covid-19 yang meninggal berjumlah 198 orang, Sementara jumlah kasus positif Covid-19 saat ini sebanyak 32 orang. (Oke)

Komentar