Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

736 Tenaga Kerja asal Karangasem Dirumahkan

foto iluistrasi. (ist)

KARANGASEM - Sebanyak 736 tenaga kerja asal Karangasem diketahui telah dirumahkan akibat terdampak wabah Covid-19. Ratusan tenaga kerja rencananya akan diarahkan  mendapatkan program kerja.

Sesuai data di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karangasem, ada sekitar 736 orang pekerja dirumahkan, sedangkan data sementara ada belasan orang terkena PHK. Kemungkinan jumlahnya lebih karena tidak semua perusahaan melaporkannya.

Kepala Disnakertrans Karangasem I Nyoman Suradnya menjelaskan, program pra kerja oleh pemerintah pusat itu diprioritaskan untuk tenaga kerja yang terdampak selama wabah Covid-19.  “Bali menjadi daerah yang diprioritaskan karena sebagian besar masyarakatnya bergelut di bidang pariwisata,” ungkapnya, Mingggu kemarin.  

Anjloknya kunjungan wisatawan pasca serangan Covid-19 menjadi salah satu alasan hingga berdampak pada minimnya pendapatan dan penggajian terhadap karyawan.

Disebutkan, ada sekitar 4.000 perusahaan yang mengalami krisis saat ini. Dia berharap, semua pekerja yang dirumahkan maupun di-PHK bisa ikut program pra kerja dengan mendaftar via online. Kartu pra kerja akan membantu peserta program mendapat bantuan insentif untuk pelatihan.

"Kembali lagi, yang seleksi adalah pemerintah pusat," tegasnya.

Sebagai informasi, skema Kartu Prakerja sangat mudah untuk diikuti. Setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftar di situs Kartu Prakerja. Kemudian, mereka bisa memilih berbagai jenis pelatihan melalui situs digital mitra resmi pemerintah.

Registrasi Kartu Prakerja dibuka. Terdapat dua jenis pelatihan yang diberikan, yaitu dalam jaringan (online) maupun tatap muka (offline). Juga ada pilihan program pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja.

Pemerintah bersama platform digital menyeleksi lembaga pelatihan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Para penyedia pelatihan dalam program Kartu Prakerja termasuk lembaga pelatihan swasta, lembaga pelatihan pemerintah, training center industri, universitas dan institusi pendidikan vokasi.

Pemerintah menargetkan penerima Kartu Pra Kerja di seluruh Indonesia bisa mencapai sebanyak 5,6 juta orang. Masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan sudah bisa mendaftarkan diri di situs www.prakerja.go.id.

Penerimaan peserta dibagi per tahap dan dibuka setiap minggunya. Pendaftaran tahap awal dibuka mulai Minggu (12/4) hingga Kamis (16/4) pukul 16.00 WIB. Di tahap ini, pemerintah memberikan kuota bagi 164.000 masyarakat untuk mendaftarkan dirinya di program Kartu Pra Kerja. (Oke)

Komentar

Berita Lainnya