Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemerintah Kabupaten Tabanan Mendapat Tambahan Bantuan APD

Foto : Ist/Hms

TABANAN - Dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), DPRD Propinsi Bali memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan, dengan menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang dalam hal ini diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Selasa (21/4).

APD tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama didampingi Anggota DPRD Provinsi Bali dapil Tabanan dan diterima langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan I Nyoman Suratmika. Turut juga hadir dalam kesempatan  itu Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga beserta jajaran.

Usai penyerahan APD rombongan DPRD Provinsi Bali pada kesempatan itu pula melakukan kunjungan ke kantor Bupati Tabanan.  Pada kesempatan itu, rombongan diterima langsung Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, didampingi Forkopimda Tabanan, Sekda Kabupaten Tabanan beserta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama yang juga pernah menjabat Bupati Tabanan dua periode ini menyampaikan tujuannya datang melakukan kunjungan ke Tabanan adalah dalam rangka membantu penanggulangan penyebaran pandemic covid-19 di Tabanan, yakni menyerahkan bantuan APD serta menyerap aspirasi masyarakat Tabanan terkait merebaknya pandemi Covid-19 yang belakangan ini meresahkan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Bupati Eka menyampaikan meskipun Tabanan sudah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi wabah ini, namun masih ada beberapa hal mendasar yang menjadi kendala di Tabanan. Seperti yang baru-baru ini adalah terkait Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Tabanan.

Bupati Eka menjelaskan meskipun Tabanan telah menyiapkan tempat karantina di salah satu Hotel/penginapan di luar Tabanan, namun dari segi jumlah kamar dan segi kenyamanan masih belum sepenuhnya dirasakan oleh PMI asal Tabanan. Ia menekankan jangan sampai ada ego sektoral bagi masing-masing daerah dan lebih menekankan semangat menyama braya dengan prinsip gotong royong dalam melawan wabah ini.

Untuk itu, Bupati Eka berharap kerjasama, bantuan dan empati dari semua pihak agar mengawal aspirasi dari masyarakat Tabanan, sehingga masyarakat Tabanan khususnya PMI bisa  dengan tenang menjalani karantina di luar wilayah Tabanan, sehingga tujuan bersama yaitu melawan dan memutus mata rantai covid-19 bisa terwujud.

Pada kesempatan itu Bupati Eka juga menyampaikan langkah kedepan yang akan diterapkan di Tabanan, yakni memikirkan ketahanan pangan dan keberlangsungan hidup masyarakat  Tabanan. Dimana dia mengatakan akan memberikan bantuan tunai langsung sebesar 600 ribu selama 3 bulan bagi orang miskin baru di Tabanan. Untuk itu sangat diperlukan dukungan dan bantuan dari semua pihak.

“Gabah kami siap dan beras cadangan kami yang dari bulog kami sudah mau eksekusi karena kami akan bagikan ke `133 desa. Dan kami juga sudah punya data bahwa yang diluar KPN ada 12 ribu orang miskin baru. itulah yang akan kami kasi bantuan nantinya,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut rombongan DPRD Provinsi Bali menyerahkan 20 buah APD kepada Pemkab Tabanan. "Jangan dilihat besar kecilnya, tapi perhatian kami dari DPRD Dapil Bali sudah datang dan meningkatkan apa yang telah kita lakukan," ucap N. Adi Wiryatama. (Rls/Cia)

Komentar