Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kementerian PUPR Dukung Pemkab Tabanan Atasi Dampak Krisis Akibat Corona

Dukungan Kementerian PUPR melalui BPPW Bali dan SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bali diterima Asisten Perekonoomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan AA. Dalem Tresna Ngurah di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan. Kamis (30/4). (Ist)

TABANAN – Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya Pemkab Tabanan dalam mengatasi dampak krisis akibat Corona. Dukungan dilakukan dengan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat terdampak pandemic Covid-19.

Dukungan tersebut diserahkan melalui BPPW Bali dan SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bali, dan diterima oleh Asisten Perekonoomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan AA. Dalem Tresna Ngurah di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan. Kamis (30/4).

Dalam kesempatan sama, Pemkab Tabanan juga menerima bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan selop tangan plastik sebanyak 500 unit  yang diperlukan oleh masyarakat Tabanan berikut dipergunakan meminimalisir penyebaran virus Corona.  

Asisten Perekonoomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan AA. Dalem Tresna Ngurah menegaskan bahwa sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tabanan, dampak yang ditimbulkan sangat luas.

Bahkan mengakibatkan pendapatan dan pembiayaan pembangunan Kabupaten Tabanan menurun tajam karena anjloknya sumber-sumber pendapatan yang sangat diandalkan.

Dampak pandemic Corona ini juga begitu luas dirasakan masyarakat Tabanan sehingga menyebabkan masyarakat kehilangan pekerjaan sehingga kesulitan memenuhi kehidupan sehar-hari.

“Apabila pandemi berlangsung berkepanjangan, tentunya Pemerintah Pusat dan Daerah harus mampu bergotong-royong membantu masyarakat yang terdampak,” ujar Ngurah Dalem.

Dalam menanggulangi wabah ini, Pemkab Tabanan jelasnya telah berupaya agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran, efektif dan efisien, salah satunya yakni melalui refocusing anggaran. Refocusing anggaran yang dilakukan dengan menekankan pada empat kebijakan, yakni penanganan kesehatan masyarakat, ekonomi kerakyatan, jaring pengaman sosial dan juga penunjang.

Terkait hal ini, pemkab Tabanan sangat terbuka dengan menerima berbagai bentuk bantuan dari berbagai pihak untuk membantu masyarakat Tabanan di tengah keterbatasan keuangan daerah serta berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak PUPR dan BKKBN Provinsi Bali.

“Bantuan ini akan sangat membantu masyarakat kami dan kami berkomitmen untuk menyalurkannya secara adil dan merata. Kita semua berdoa dan berharap semoga pandemi ini cepat berlalu serta semua mampu melewati cobaan ini dengan selamat,” tutup Ngurah Dalem. (*/Cia)

Komentar