Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Eka Bantu Pakan Satwa ‘Monyet’ di Alas Kedaton

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan rombongan saat memberikan bantuan makanan di DTW Alas Kedaton, Kukuh, Marga, Tabanan Selasa (5/5). (Ist)

TABANAN – Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak bagi sektor pertanian maupun pariwisata di Tabanan. Wabah ini juga turut berdampak bagi satwa monyet di Kawasan Wisata Alas Kedaton di Desa Kukuh, Marga, Tabanan. Sejak ditutup beberapa waktu lalu, ratusan satwa di lokasi wisata ini tidak memperoleh asupan makanan cukup karena sepinya pengunjung.

Kondisi tersebut mendorong jajaran Forkopimda yang diinisiasi Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti datang ke Alas Kedaton membawakan berbagai jenis makanan demi keberlangsungan habitat satwa monyet tersebut. Selasa (5/5).

Sejumlah bahan makanan seperti ubi, pisang, jagung, gabah dan buah-buahan lainnya dibawa ke Alas Kedaton. Bahkan bahan makan yang disediakan cukup untuk stok hingga enam bulan ke depan. Jenis bantuan yang diberikan seperti 300 kilogram ubi kuning, 300 kilogram ubi putih, pisang, manggis dan gabah serta jagung. 

Selain Bupati Eka, turut hadir, Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, Kapolres Tabanan, AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar, Dandim Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto, jajaran anggota DPRD Tabanan dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Eka menegaskan, aksi peduli akan satwa monyet di Alas Kedaton tersebut merupakan bentuk kepedulian akan keseimbangan alam dan isinya sesuai konsep Tri Hita Karana.

“Ini sifatnya gotong-royong, spontanitas bentuk perhatian karena virus Covid-19 tidak hanya berdampak pada manusia saja, melainkan alam dan isinya. Tabanan memiliki cagar alam yang luar biasa dan saya kira bantuan makanan ini cukup hingga enam bulan ke depan,” ucapnya di sela-sela acara.

Selain membawa bantuan makanan, Bupati Eka dan rombongan juga memberikan paket sembako untuk 30 warga yang terdampak penutupan, berikut memberikan bantuan peralatan kebersihan berupa 20 skop dan sapu bagi para petugas kebersihan agar kawasan DTW Alas Kedaton tetap bersih.

Ke depan, Eka ingin DTW Alas Kedaton bisa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah sehingga pengelolaan dan infrastruktur bisa lebih terawat dengan baik dengan harapan keberadaan DTW Alas Kedaton dengan potensi hutan alamnya yang asri dan ribuan monyet akan kembali dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Tabanan. (Cia)

Komentar