Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Cok Ace Ajak Masyarakat Budayakan Transaksi Non Tunai

Wabub Bali Cok Ace saat membuka membuka National Web Seminal yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Bali, dengan tema “What Can Bali’s Tourism Industry Do With Digital Payment In The New Normal Era”. Kamis kemarin. (ist)

DENPASAR - Persiapan Bali menuju era kenormalan baru terus digodok sedemikian rupa. Selain ide pertemuan di luar ruangan, gagasan penggunaan metode transaksi non tunai diharapkan menjadi budaya baru bagi masyarakat Bali sebab dinilai aman dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam berkesempatan untuk membuka National Web Seminal yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Bali, dengan tema “What Can Bali’s Tourism Industry Do With Digital Payment In The New Normal Era”. Kamis kemarin.

“Salah satu komponen dalam protokol kesehatan adalah metode transaksi non-tunai. Hal ini penting untuk dilakukan karena setidaknya ada dua alasan,” tegasnya.

Tokoh Puri Ubud ini memaparkan, penggunaaan uang tunai dapat menjadi media penyebaran virus yang harus kita hentikan, dan jika diterapkan maka akan cukup efektif dan aman ditengah upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

Diakui, pemberlakuan transaksi non-tunai tentu memiliki tantangan tersendiri sebab  masyarakat Bali saat ini masih belum terlalu fasih menggunakan alat pembayaran digital. Mengubah pola perilaku masyarakat membutuhkan suatu pembiasaan yang dapat didorong dengan kemudahan dan manfaat bertransaksi digital.

“Ini merupakan momentum yang baik bagi kita untuk mulai menggalakkan gerakan masyarakat non-tunai (Cashless Society),” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini dunia tengah dihadapkan pada kondisi sulit. Pandemik COVID-19 menyebar begitu cepat di berbagai belahan dunia. Indonesia dan khususnya Provinsi Bali juga tidak terlepas dari sebaran virus ini. Namun di sisi lain, kita juga telah melakukan berbagai upaya baik untuk mencegah penyebaran kasus positif COVID-19. Upaya pencegahan yang kita lakukan selama ini menunjukkan hasil yang baik.

Menurut data statistik tim satgas Covid-19 Provinsi Bali per tanggal 2 Juni 2020 tingkat kesembuhan dari pasien positif Covid-19 di Provinsi Bali adalah 69,29%. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi kita semua.

Meski jumlah kasus positif di Bali masih bertambah, namun jumlah ini relatif lebih baik dibandingkan daerah lain di Indonesia. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan diri untuk membangun kembali perekonomian Bali, terutama pada sektor pariwisata sebagai leading sector di Bali.

“Membangun pariwisata Bali pasca pandemik bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, implementasi protokol kesehatan pada seluruh sektor, terutama industri pariwisata, menjadi fokus utama kita semua,” jelasnya.

Hadirnya Bank Indonesia dengan system QRIS atau Quick Response Indonesian Standard diharapkan mampu mengatasi persoalan ini dengan menyamakan sistem e-money di Indonesia.

Wagub Cok Ace juga berharap  agar Bali tidak saja dapat menjadi pelopor dalam penggunaan transaksi non-tunai, tetapi juga unggul dalam pengembangan inovasi dan penerapan teknologi informasi digital.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, menyampaikan bahwa tujuan dari Webinar ini adalah sebagai pertukaran ilmu pengetahuan dan sosialisasi bagimana industri pariwissata Bali kedepannya dalam menghadapi pasca pandemi ini dapat melakukan transaksi pembayaran yang non tunai atau contact less. “Ini juga merupakan perkembangan digitalisasi dari industri 4.0,” jelasnya.

Menurutnya dengan melakukan transaksi pembayaran nontunai maka akan mengurangi penularan virus melalui lalu lintas uang. Untuk itu, kedepannya Bank Indonesia akan berkerjasama dengan perbankan yang ada di Bali untuk turut menyelenggarakan dan mengedukasi masyarakat terkait pembayaran nontunai.

Terkait dengan hal tersebut, sejak triwulan pertama tahun 2020, transaksi nontunai sudah mulai ada peningkatan, hal ini merupakan dampak dari pandemi dimana masyarakat lebih cenderung memilih transaksi nontunai menggunakan m-banking serta merchant lainnya.

11. Untuk itu ia berharap dengan webinar yang mengundang asosiasi pariwisata, perbankan se bali serta beberapa aktor terkait dapat memberikan edukasi baru terhadap payment

“Bali kedepannya, dan nantinya Masyarakat Bali semakin fasih menggunakan transaksi non tunai,” harap Nugroho. (Cia)

Komentar