Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tersesat di Hutan, Dua Warga USA Ditemukan Selamat

Korban WNA USA, Roland dan Ridge usai ditemukan Tim SAR Gabungan. Minggu (21/6) malam.

KARANGASEM -  Dua orang warga Amerika Serikat (USA) ditemukan dalam kondisi selamat usai tersesat di dalam hutan di kawasan Hutan Desa Sulumbung, Karangasem, Bali. Minggu (21/6).

Penemuan WNA berinisial Roland dan Ridge ditemukan Tim SAR Gabungan sekiar pukul 23.30 Wita usai dilakukan penyisiran di lokasi hitan tempat mereka tersesat.

Sebelum tersesat, dengan memakai sepeda motor keduanya memulai perjalanan berkeliling Bali dengan dari Amed dan menuju Pereranan dengan menggunakan google map. Rupanya petunjuk mengarah ke Selumbung dan mereka tersesat di Bukit Catu, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada mengatakan bahwa informasi prihal tersesatnya diketahui berdasarkan laporan teman korban bernama Isabela dan sebelumnya menghubungi Kantor Basarnas Bali sekitar pukul 21.20 Wita.

Dalam laporannya, kedua korban saat itu diketahui sedang panik karena tersesat sementara hari sudah mulai gelap sehingga meminta pertolongan dan berinisiatif melapor ke Basarnas.

Mendapat laporan dari teman korban, Basarnas Bali mulai menggerakkan tim dari Pos SAR Karangasem, selanjutnya bersama dengan unsur SAR mulai menyisir hutan melalui medan perbukitan terjal. Akhirnya pada pukul  23.30 Wita target ditemukan pada Koordinat  8°28.14.2'S - 115°31.40'E. 

Ketika ditemukan kondisi para korban dalam keadaan sehat hanya alami lecet di bagian tagan dengan perbekalan air minum yang sudah hampir habis.

“Beruntung mereka masih bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisa  share lokasi dan ternyata posisinya tak terlalu jauh dari jalan setapak,” jelas Gede Darmada.

Saat operasi pencairan korban, SAR turut melibatkan 5 orang rescuer dari Pos SAR Karangasem, 5 orang personil dari Polres Karangasem, 5 orang personil dari Polsek Mangis dan pemandu Mudi Taker serta masyarakat setempat. (Cia)

Komentar