Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Sumatri Panen Bawang di Lahan Tandus

Bupati Mas Sumatri saat menghadiri panen bawang merah petani di Br. Dinas Darmawinangun, Ds. Tianyar Kec. Kubu, Senin (06/07). (ist)

KARANGASEM - Bupati Mas Sumatri antusias menghadiri acara panen bawang merah petani di Br. Dinas Darmawinangun, Ds. Tianyar Kec. Kubu, Senin (06/07).

Pasalnya di Lahan Tandus bawang merah tumbuh dengan subur, hal tersebut menambah semangat Bupati Mas Sumatri beserta Kepala OPD terkait meninjau dan langsung memanen bawang merah yang merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Bupati Mas Sumatri juga menyebutkan, beberapa jenis sayuran ternyata sangat cocok untuk dikembangkan di sejumlah wilayah Kecamatan Kubu, seperti Sayur Kol, Terong, tomat dan juga bawang merah, dengan hasil panen yang tinggi.

"Hal ini menandakan bahwa ini cukup berpotensi untuk membantu ekonomi masyarakat, untuk itu saya mengajak semua pihak untuk mencintai dan berperan aktif mendukung pertanian petani," ajak Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri juga mengaku sangat yakin jika tanaman bawang merah daerah ini produksinya akan semakin meningkat jika pengelolaannya lebih optimal, serta mendapat binaan dari instansi pemerintah secara berkelanjutan.

"Saya bangga melihat hasil pertanian masyarakat, ini perlu terus dikembangkan, Kami dari Pemerintah akan membantu tentunya untuk pemasaran dengan menggencarkan Bela Bali Beli Produk Lokal," ujar Mas Sumatri.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri juga mendengarkan keluh kesah petani ditengah pandemi, dimana terdapat beberapa kendala yang dialami oleh petani.

Jero Mari yang merupakan salah seorang petani bawang mengutarakan bahwa kendala utama yang dialami petani di wilayah kubu adalah air dan juga pemasaran hasil pertanian.

"Kami hanya terkendala masalah air, dan juga pemasaran namun tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap membudidayakan palawija, dan dengan kehadiran Ibu Bupati yang akan membantu kami membuat kami lebih optimis," ungkap Jero Mari.

Menyikapi masalah tersebut Bupati Mas Sumatri kembali menegaskan bahwa berkat Kerja keras Pemkab Karangasem, air telaga waja akan mengalir dengan debit tinggi menuju Desa Tianyar.

"Setelah berjuang cukup lama air telaga waja akan mengalir di daerah paling tandus di Gumi Lahar Karangasem, dan ini merupakan sebuah anugrah ditengah pandemi," Ujar Mas Sumatri.

Selain itu Mas Sumatri juga meminta Kadis Pertanian agar membentuk tim sosialisasi balai penyuluhan pertanian di masing-masing kecamatan untuk meningkatkan perekenomian petani.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Mas Sumatri juga meninjau dan menanam padi dan sayur kol di Br. Dinas Munti, Ds. Tianyar Barat Kec. Kubu, dan juga bercengkrama dengan masyarakat sekitar dan membagikan masker kepada masyarakat, tak lupa tetap mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam memutus mata rantai covid-19. (*/Oke)

Komentar