Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gubernur Koster Dorong Pers Berikan Informasi Berkualitas

Gubernur Bali, I Wayan Koster. (Ist)

DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster dan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) periode 2019-2024, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (24/7).

Koster mengatakan, memahami betul pentingnya peran organisasi profesi wartawan sebagai bagian dari masyarakat pers dalam meningkatkan kualitas karya jurnalistik, terutama pada era keterbukaan informasi saat ini.

Untuk itu, katanya, sudah sepatutnya pers memiliki wadah yang mumpuni seperti PWI. Oleh karena itu, Pemprov Bali akan memfasilitasi PWI dalam rangka meningkatkan kualitas informasi yang disajikan kepada masyarakat.

“Pelatihan-pelatihan yang diperlukan, silakan dilaksanakan oleh PWI. Kami akan memfasilitasi, karena sekarang tuntutannya itu makin tinggi. Kualitas informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat itu harus makin efektif, makin menarik, dan itu bisa dipahami dengan mudah,” kata Koster yang juga ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini.

Dia menyampaikan selamat kepada pengurus PWI yang baru dilantik, dan berharap dapat melaksanakan tugas dengan baik selama masa baktinya.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari, pun mengajak PWI Bali untuk terlibat aktif memberikan kesadaran kepada masyarakat, terhadap pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. “Kita dorong terus, terutama disiplin untuk protokol kesehatan terhadap masyarakat kita. Tolong, pandemi ini supaya cepat selesai sampai di sini,” ujarnya.

Dia pun berharap Bali bisa segera bangkit dengan industri pariwisatanya, yang saat ini dalam keadaan terpuruk akibat Covid-19. “Karena (Bali, red) ini adalah lokomotif pariwisata nasional,” tegasnya. 

Depari memberi apresiasi atas inisiatif Pemprov Bali, yang telah membantu media di Bali melalui insentif kerja sama untuk mengurangi dampak yang dirasakan pekerja pers akibat pandemi Covid-19.

Pelantikan pengurus PWI hasil konvensi yang diselenggarakan pada akhir 2019 lalu, sedianya dilakukan pada Maret 2020. Namun, akibat Covid-19, pelantikan baru bisa terlaksana pada Juli ini, dengan memperhatikan protokol kesehatan tatanan kehidupan era baru.

Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra, mengatakan, PWI Bali telah terlibat aktif dalam percepatan penanganan Covid-19 di Bali, dengan melakukan kegiatan sosial. Namun yang terpenting adalah bagaimana wartawan memberikan informasi yang benar dan melakukan edukasi kepada masyarakat, bagaimana menghadapi pandemi Covid-19. 

Dia berharap, media bisa mengedukasi masyarakat tanpa menimbulkan ketakutan. “Bagaimana kita menyikapi secara benar, baik dengan protokol kesehatan ataupun dengan cara-cara yang lain, yang memang bisa kita lakukan,” kata Dwikora. (ono)

Komentar