Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Koster Resmikan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru di Ubud

Gubernur Bali, I Wayan Koster. (Ist)

GIANYAR – Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru dan Digitalisasi Wisata Mandala Suci Wenara Wana Ubud berbasis QRIS. Kegiatan tersebut berlangsung di Objek Wisata Monkey Forest, Ubud, Sabtu (25/7).

Koster mengapresiasi penerapan dua Pergub Nomor 80 tahun 2018, tentang Penggunaan Bahasa Aksara dan Sastra Bali, dan Pergub Nomor 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Monkey Forest adalah salah satu objek wisata yang menerima sertifikasi kelayakan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru, setelah sebelumnya juga diberikan kepada Pantai Pandawa, Badung, dan Desa Wisata Blimbingsari, Jembrana.

Sesuai dengan protokol kesehatan, bahwa tujuan wisata Bali yang sudah sesuai adalah mereka yang sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan baik. Wakil Gubernur Bali dan tim yang dipercayai sebagai tim pemulihan ekonomi pasca-Covid-19, terus melakukan upaya pembenahan destinasi wisata dengan protokol kesehatan yang standar, agar saat memulai sektor pariwisata yang berarti Bali sudah siap.

Dikatakan, pemerintah tidak hanya memperhitungkan payung hukum, namun juga terus melakukan tindakan nyata, pembenahan dan kesiapan fasilitas kesehatan, serta kapasitas kesehatan, baik di rumah sakit maupun di laboratorium. Termasuk di beberapa tempat wisata, baik itu hotel dan juga restoran. “Keterlibatan desa adat, di samping pemerintah, juga terus memberikan keyakinan kepada pemerintah internasional, bahwa Bali siap dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan tatanan kehidupan Bali era baru, setiap tempat wisata wajib memberlakukan transaksi pembayaran nontunai QRIS. Hal itu sebagai salah satu syarat protokol kesehatan Covid-19, agar tidak mengalami sentuhan dengan dana tunai, sebagai upaya penyebaran virus melalui benda-benda seperti uang tunai. Sistem pembayaran nontunai QRIS diberlakukan untuk penjualan tiket dan outlet lainnya.

Untuk Kabupaten Gianyar, selain Kawasan Mandala Suci Wenara Wana (Monkey Forest), juga terdapat 11 objek wisata lainnya yang sudah siap dengan protokol kesehatan dan sertifikasi kelayakan tatanan kehidupan Bali era baru. Di antaraya Museum Puri Lukisan, The royal Pita Maha, Alas Harum Bali, The Kayon Jungle Resort, Adi Jaya Cottages,  Bebek Tepi Sawah, The Alena Resort, Purana Boutique Resort,  Luwak Ubud villas, Janata Resort and spa dan Sankara Resort.

Koster dan rombongan juga berkesempatan mengunjungi tempat pengolahan sampah yang ada di tengah Kawasan Mandala Suci Wenara Wana, Monkey Forest. (ono)

Komentar