Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ketua DPRD Karangasem Dicoklit

Ketua DPRD Karangasem, I Gde Dana saat didatangi petugas Coklit di rumahnya. Minggu (9/8). (Ist)

KARANGASEM - Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana.SPd ,Msi  menerima rombongan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Abang di rumah kediamanya , Minggu(9/8/2020) sore.

Para pelaksana pemilihan Bupati dan wakil bupati di Karangsem ini datang membawa serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) kedesaan Datah, untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) kepada calon pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih A KWK pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, 9 Desember 2020 mendatang.

I Gede Dana yang saat itu turut didampingi istri dan keluarganya, yang turut serta dalam Coklit pemilih jelang Pilkada Karangasem ini. Ia berharap, agar seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih, benar-benar terdaftar dan menggunakan hak pilihnya di pilkada mendatang.

"Jangan sampai ada masyarakat, yang terlewatkan tidak dicoklit, ini sangat penting, sehingga data pemilih bisa jelas, dan haknya sebagai pemilih bisa didapat, " harap Dana.

Berdasarkan informasi bahwa, jumlah calon pemilih di Karangasem ternyata meningkat imbas dari kasus Covid-19, lantaran sejumlah perusahaan di beberapa tempat banyak yang tutup. Akibatnya, tak sedikit karyawan perusahaan yang berdomisili di Luar Karangasem memutuskan untuk pulang dan menetap kembali.

Gede Dana menyampaikan agar  Coklit ini, dapat menjadi moment yang tepat dalam memastikan jumlah pemilih di Karangasem.

"Saya percaya penuh kepada PPK, PPS Panwaslu dan PPDP yang ada, untuk mendata warga yang tinggal tetap, pendatang dan juga warga Karangasem yang sudah keluar Karangasem, sehingga bisa diketahui berapa jumlah Pemilih di Karangasem, " ucap Dana.

Meski demikian, Dana juga berharap agar KPU Karangasem mengantisipasi pendataan dari petugas saat ingin bertemu dengan calon pemilih yang tak ada ditempat. 

"KPU harus punya teknis tersendiri bagaimana masyarakat bisa terdata sebagai pemilih tetap. Jangan sampai ada masyarakat yang terlewatkan tidak didata, " pesan Dana.

Sementara di tempat yang sama hadir juga Komisioner KPU  Karangasem Ngurah Gede Maharjana bersama Kasubag Data I Gusti Agung Prihatama memonitoring langasung Pelaksanaan Coklit tersebut.

Maharjana berharap agar coklit bisa berjalan dengan baik, apalagi saat ini masih pandemi Corona.

"Saya berharap coklit berlangsung aman dan lancar, dan tidak ada halangan yang berarti, apalagi ini masih pandemi Corona, " tutur Maharjana.

Ngurah Maharjana berpesan kepada masyarakat Karangasem, agar bersikap persuasif ketika dicoklit oleh petugas pemilihan, yang akan mendatangi langsung ke rumah rumah masyarakat ini demi berlangsung pemilihan yang damai.

"Intinya PPDP yang akan lakukan coklit, tetap menerapkan standar protokol pencegahan Corona, demi melindungi diri, " ucapnya.

Sementara pelaksanaan coklit akan berakhir tanggal 13 Agustus 2020 dan dilanjutkan akan menyusun data pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang nantinya akan juga dicermati oleh masyarakat yang sudah di coklit jika belum terdaftar agar segera menghubungi petugas di desa. (Oke) 

Komentar