Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

'Tegur Sapa' Ketua TP PKK Bali dengan Nelayan Patasari

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Nyonya Putri Suastini Koster hadir menyapa para nelayan Patasari, dalam acara 'Tegur Sapa' di Kampung Mangrove, Muara Tukad Mati, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Minggu (9/8). (ist)

BADUNG - Ketua TP PKK Provinsi Bali, Nyonya Putri Suastini Koster hadir menyapa para nelayan Patasari, dalam acara 'Tegur Sapa' di Kampung Mangrove, Muara Tukad Mati, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Minggu (9/8).

Dia pun mengapresiasi para nelayan Patasari, yang telah bekerja keras bersama-sama berupaya menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan mangrove atau hutan bakau, sehingga lingkungan menjadi bersih, asri, dan nyaman. Menurutnya, menjaga kawasan mangrove tidak hanya tanggung jawab para nelayan semata, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk masa depan anak-cucu kelak.

Bunda Putri mengajak keterlibatan generasi muda, para ibu PKK, serta seluruh elemen masyarakat untuk turut menjaga kelestarian, kebersihan, dan keasrian kawasan mangrove. Dengan kawasan mangrove yang terjaga kebersihan dan kelestariannya, maka tidak hanya akan memberi dampak positif terhadap lingkungan, namun juga bisa dikembangkan menjadi kawasan dan paru-paru yang dapat penyuplai oksigen di tengah kota.

Sementara Ketua Nelayan Patasari, Jero Dolphin, mengatakan bahwa lokasi ini dulu adalah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, yang kemudian melalui perjuangan para nelayan yang didukung pemerintah, dari tahun 2009 telah berhasil menata kawasan Muara Tukad Mati ini menjadi seperti saat ini.

Dengan beranggotakan sebanyak 202 nelayan, kata Jero Dolphin, pihaknya berupaya keras melakukan normalisasi sungai, menanam mangrove dan melepas satwa yang hidup di habitat yang ditumbuhi pohon mangrove. “Kerja keras para nelayan ini berbuah manis, dengan diraihnya penghargaan kalpataru oleh Kelompok Nelayan Prapat Agung Mengening Patasari pada 2019,” ungkapnya.

Dalam acara yang juga dihadiri jajaran Pemkab Badung dan pemilik Krisna Oleh-oleh Bali, Ajik Krisna, serta anggota nelayan Patasari, Putri Koster pun berkesempatan menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada para nelayan, disusul dengan melakukan penanaman mangrove. (Ono)

Komentar