Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Koster Luncurkan Buku 'Kata Hatinya'

Putri Suastini Koster. (Ist)

DENPASAR - Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster yang juga dikenal sebagai pegiat sastra, ingin menggairahkan budaya literasi puisi di kalangan PKK, termasuk generasi muda. Untuk itu, dia menggagas  antologi buku puisi  bertajuk “Kata Hatinya”, yang berisi kumpulan karya sastra puisi dari seluruh pengurus TP PKK Provinsi Bali.

Gagasan tersebut disampaikan Putri Koster saat membuka acara peluncuran buku 'Kata Hatinya”, yang dilakukan secara daring, di Jayasabha Denpasar, Selasa (11/8). Dia menyampaikan bahwa puisi yang dihasilkan para pengurus PKK provinsi tidak hanya bertujuan menampilkan tulisan kata-kata yang indah, namun lebih dari itu adalah memberikan edukasi kepada generasi muda, terkait karya sastra atau literasi.

“Dengan demikian, karya sastra puisi tidak tenggelam begitu saja di tengah era globaliasi, melainkan makin menggeliat dan bergairah di masyarakat,” tuturnya.

Wanita yang getol dalam kemajuan seni sastra ini, menilai puisi merupakan salah satu seni yang mampu mengasah rasa kepekaan, dan memberi kebahagiaan batin bagi mereka yang menekuni. Dengan menyalurkan hobi menulis puisi, dia berharap secara psikis bisa berdampak positif bagi para orangtua, yang jadi ujung tombak dalam pembentukan karakter anak.

Putri Koster juga memberikan apresiasi kepada para pengurus PKK yang notabene bukan sastrawan, namun bisa menghasilkan karya terbaik pada masa pandemi ini. Untuk itu, ia berharap hasil karya tersebut bisa jadi inspirasi bagi seluruh PKK kabupaten/kota, guna mencurahkan isi hatinya ke dalam karya sastra puisi, dan menularkan kepada anak-anak generasi muda di lingkungan terdekat.

Dalam momentum ini, acara yang dirangkaikan dengan pembacaan puisi dari beberapa pengurus PKK Provinsi Bali, juga diisi suguhan materi dari para narasumber yang ahli di bidangnya. Antara lain Dosen Sastra Inggris Universitas Mahasaraswati Denpasar, Sri Rwa Jayanti, dan pengarang dan pengelola Penerbit Buku Pustaka Bali Seni I Wayan Suardika. (Ono)

Komentar