Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Sanjaya Pimpin Apel Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75

Upacara Peringatan Hari Plokamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Tabanan diselenggarakan secara sederhana di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (17/8). (Ist)

TABANAN – Disamping tidak melibatkan Paskibraka, Upacara Peringatan Hari Plokamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Tabanan diselenggarakan secara sederhana di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Senin (17/8).

Pada kesempatan itu, Upacara yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, tersebut hanya diikuti oleh sekitar 40 orang peserta, diantaranya Forkopimda Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Para Asisten dan pewakilan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, para Aubade, serta tiga orang pengibar Bendera Merah Putih, yakni  I Komang Bayu Septiandy (siswa SMA 1 Selemadeg), I Made Wira Yoga Saputra (siswa SMA 1 Kediri) dan Ni Kadek Frischa Devi Marchaeni  (siswa SMA N 1 Tabanan).

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran pandemic Covid-19 di Kabupaten Tabanan. Begitupun dengan lomba-lomba yang biasanya dilakukan dalam menyambut Hari Plokamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Tabanan, ditiadakan karena refocusing anggaran yang dilakukan Pemkab Tabanan untuk penanganan pandemic global tersebut.

Nampak pada Upacara yang diselenggarakan sekitar jam 08.00 wita tersebut, selain Inspektur Upacara, Pengibar Bendera Merah Putih dan Forkopimda, peserta menggunakaan pakaian adat Bali. Meskipun sederhana, namun tidak mengurangi arti, makna dan semangat peringatan.

Usai pelaksanaan Apel, Wabup Sanjaya mengatakan, meskipun upacara peringatan kali ini dilaksanakan secara sederhana ditengah pandemic Covid-19, semangat tetap luar biasa dan tidak mengurangi makna dari Peringatan Hari Plokamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 ini.

“Walaupun terbatas, kami tetap melaksanakan protocol kesehatan, yakni atur jarak, pakai masker, hand sanitizer dan cuci tangan sebelum pelaksanaan Apel  dimulai. Itu yang terpenting”, tambah Sanjaya.

Lebih lanjut, Wabup Sanjaya  juga berharap pada momentum peringatan Hari Plokamasi Kemerdekaan  RI ke-75 ini, sebagai ajang untuk memperdalam dan lebih mengamalkan spirit perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Harapan kami khususnya pada generasi muda, apalagi ada himbauan dari Bapak Presiden, bahwa saat inilah kita harus betul-betul memiliki jiwa dan semangat perjuangan layaknya pendahulu kita serta menerapkann spirit perjuangan tersebut dalam dalam membangun Negara dan  Bangsa yang kita cintai ini, khususnya di Tabanan,” pintanya. (Cia)

Komentar