Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Koster Ikuti Musyawarah Nasional Dekranas

Ketua Dekranasda Prov Bali Ny. Putri Suastini Koster (Ist).

DENPASAR - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Nyonya Putri Suastini Koster mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Kerajinan Nasional bertajuk 'Segi Positif Pandemi Covid-19, Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju Industri 4.0', yang dilaksanakan secara daring, Rabu (19/8).

Sementara Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Nyonya Wury Mar’uf Amin, yang membuka acara munas tersebut, menyampaikan beberapa poin penting. Di antaranya munas yang dilakukan dengan cara daring, mengingat Indonesia masih diselimuti pamdemi Covid-19. “Tema yang diangkat dalam munas ini sangat kontekstual dan relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan semua orang untuk mengubah kebiasaan sebelumnya,” ujarnya.

Pandemi ini, lanjut Wury, masyarakat pun jadi mengurangi aktivitas fisik di luar rumah, yang melibatkan perkumpulan banyak orang. Hal tersebut menimbulkan dampak terhadap perkembangan laju ekonomi, khususnya dalam penjualan kerajinan yang saat ini terus mengalami penurunan.

Untuk itu, Dekranas harus mencari solusi terhadap hal tersebut. Mengedepankan teknologi industri dalam melakukan pemasaran. “Hal ini jad tugas dan tanggung jawab seluruh anggota Dekranas maupun Dekranasda dalam menstimulasi UKM di daerah, untuk mulai mengedepankan teknologi melalui market place yang ada,” tegasnya.

Wury pun melihat munas yang dilaksanakan saat ini memiliki peran strategis, yaitu selain membahas AD/ART, juga membahas program Dekranas periode 2020-2024, yang akan dijadikan acuan dalam menjalankan program, baik di pusat maupun di daerah. Dia berharap, musyawarah tersebut dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta, dan dapat jadi masukan positif bagi keberlanjutan program Dekranas.

Dalam munas tersebut juga dihadiri Ketua Harian Dekranas Nyonya Tito Karnavian. Diikuti 495 peserta, yang berasal dari pengurus Dekranasda di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. (ono)

Komentar

Berita Lainnya