Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tinjau Penyaluran BST, Bupati Mas Sumatri Terima Kunker Mentri Juliari P. Batubara

Bupati Mas Sumatri didampingi Wabup Artha Dipa saat menerrima Kunjungan Kerja Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara di Kantor Pos Padang Bai, Desa Padang Bai Kec. Manggis, Jumat (21/08).

KARANGASEM - Bupati Mas Sumatri didampingi Wabup Artha Dipa terima Kunjungan Kerja Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara di Kantor Pos Padang Bai, Desa Padang Bai Kec. Manggis, Jumat (21/08).

Dalam rangka penanganan  Covid-19 dan mengurangi dampak pandemi yang belum berakhir, Pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Periode II (Tahap ke 4) melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Guna memastikan penyaluran berjalan lancar, Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Juliari P. Batubara bersama Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama, Direktur Penanganan Fakir Miskin Wil. 2 I Wayan Wirawan beserta jajaran melakukan kunjungan kerja.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Karangasem, Ketua Pengadilan Negri Amlapura, Sekda Kab. Karangasem, Direktur Jaringan dan layanan keuangan PT. Pos Indonesia, Kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab Karangasem, serta Camat dan Forkompinca Manggis.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri mengucapkan selamat datang kepada Menteri Sosial Republik Indonesia berserta rombongan di Desa Padang Bai Kabupaten Karangasem.

"Kehadiran Bapak Menteri memberikan semangat pada kami di tengah situasi covid-19 yang amat sangat berdampak pada sisi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi," ujar Mas Sumatri.

Bupati Karangasem juga menyampaikan , bahwa dari jumlah penduduk terdapat 43.038 RT atau 152.389 jiwa penduduk miskin (DTKS) dengan prosentase kemiskinan 6,25% di tahun 2019, mengalami penurunan dari tahun 2015 (7,44%). Dengan Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Karangasem 67,34. Prosentase penduduk miskin mengalami penurunan dan Indeks Pembangunan Manusia mengalami peningkatan selama 5 tahun berturut turut dari 64,68 ditahun 2015 menjadi 67,34 di Tahun 2019.

"Langkah konkrit yang dilaksanakan Pemkab Karangasem dalam penanganan dampak Pandemi covid 19 dari sisi kebijakan anggaran telah melaksanakan refocusing anggaran tahun 2020 yang dialokasikan untuk tiga Bidang Penanganan yaitu Penanganan Bidang Kesehatan, Bidang Jaring Pengaman Sosial dan Bidang penanganan dampak ekonomi," terang Mas Sumatri

Selain itu, Bupati Mas Sumatri juga menambahkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial dikabupaten Karangasem sudah terlaksana dengan baik, lancar dan tepat sasaran dan diharapkan bisa meringankan beban kebutuhan keluarga, begitupula dengan para penerima manfaat dapat menggunakannya sebaik mungkin.

Pada kunjungan kerja ini, Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Juliari P. Batubara menjelaskan bahwa Bansos Sosial Tunai adalah bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak  mampu yang terkena dampak Wabah Covid-19.

Bantuan Sosial tersebut disalurkan kepada 9.000.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nilai bantuan sebesar  Rp 600.000 per KPM per bulan untuk bulan April sampai dengan Juni, dan Rp.300.000 per bulan untuk bulan Juli sampai dengan Desember. Untuk Bulan Juli dan Agustus akan diberikan sekaligus di bulan Agustus.

Mensos RI Juliari P. Batubara juga menerangkan untuk Kabupaten Karangasem Jumlah Penerima Bantuan Sosial Tunai sejumlah 6.710 KPM dengan penyalur PT Pos Indonesia dan 538 KPM dengan penyalur Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Khusus Kecamatan Padang Bai Jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai 205 KPM dengan total bantuan Rp.61.500.000 per bulan tersebar pada 4 desa.  Desa Padang Bai 49 KPM dan Desa Antiga Kelod 42  KPM dengan total bantuan senilai Rp.27.300.000 per bulan. Sedangkan untuk jumlah penerima program sembako Kabupaten Karangasem sejumlah 10.235 KPM.

"Dengan Bantuan sosial ini diharapkan akan mendukung dan menggerakkan ekonomi lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi setempat, sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan permasalahan akibat pandemi Covid-19," harapnya.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, penyaluran Bantuan Sosial Tunai dan Program Sembako diharapkan berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM imbuh Mensos RI Juliari P. Batubara. (*/Oke)

Komentar