Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Koster Apresiasi Penyelenggaraan Naker Tanggap Covid 2020 di Nusa Dua

Ist

BADUNG -Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi atas dipilihnya Bali sebagai tuan rumah Naker Tanggap Covid 2020, yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di BNDCC Nusa Dua, Badung, Sabtu (12/9).

Koster yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda, dan Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali, AA Oka Sutha Diana, menyampaikan bahwa sejak terjadi pandemi Covid-19, Bali yang menggantungkan perekonomian di sektor pariwisata benar-benar mengalami dampak yang luar biasa. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan ke-2 yang mengalami kontraksi hingga -10,98 %, dan banyak tenaga kerja yang terpaksa dirumahkan, bahkan di-PHK.

Pemprov Bali, lanjutnya, terus berupaya melakukan berbagai langkah strategis melalui koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah pusat, guna melakukan upaya-upaya pemulihan perekonomian, dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Ini adalah acara paling besar yang diselenggarakan di Bali sejak ada pandemi Covid-19. Untuk itu, saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak kementerian atas dukungan dalam upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi masyarakat Bali,” ucap Koster.

Dia berharap, kegiatan serupa dapat terus dilakukan, dengan mengambil lokasi kegiatan di kabupaten lain di Pulua Dewata, seperti di Gianyar, Klungkung, dan kabupaten lainnya.

Sementara Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka pemulihan perekonomian tenaga kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan semua program kegiatan di bidang ketenagakerjaan yang sedang dan akan berjalan pada tahun 2020.

Menurutnya, selaras kebijakan Presiden Joko Widodo yang menjadikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai program prioritas pertama dari lima program prioritas pembangunan yang telah ditetapkan. Kemnaker telah melakukan berbagai upaya konkret dalam pengembangan kompetensi SDM Indonesia. Salah satunya mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Tahun 2020 ini, Kemnaker tetap berkomitmen dalam akselerasi pelatihan kerja, dengan membangun BLK komunitas sebagai bagian dari agenda peningkatan SDM ketenagakerjaan Indonesia yang berifat partisipatoris,” kata Ida.

Hal senada disampaikan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto. Dia mengapresiasi pelaksanan kegiatan ini, dan berharap program vokasi BLK ini bisa dilakukan secara masif, dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar, sehingga kewirausahaan akan bermunculan, dan akan menyerap tenaga kerja, serta dapat menekan angka pengangguran.

Kegiatan Naker Tanggap Covid 2020 yang berlangsung selama tiga hari, 11-13 September 2020 ini, terdapat tiga rangkaian kegiatan, yakni ekspo atau pameran produk dari Tenaga Kerja Mandiri (TKM) binaan Kemennaker, bimbingan teknis lanjutan bagi TKM, dan pemberian bantuan secara simbolis kepada TKM. (Ono)

Komentar