Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Menuju Klungkung Mandiri, Suwirta Perkuat Loby Pengembangan Destinasi Wisata

Bupati Suwirta saat mendampingi dan menyerahkan proposal kepada Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkar di Nusa Penida. Kamis (29/10). (ist)

KLUNGKUNG - Harapan agar Kabupaten Klungkung mampu mandiri terus diperjuangan Bupati I Nyoman Suwirta. Guna menunjang capain tersebut, Suwirta  menyerahkan sebuah proposal usulan penanganan dan pengembangan destinasi pariwisata itu diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat.

Profosal pengembangan destinasi wisata tersebut telah diserahkan kepada Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkar di Nusa Penida, Kamis (29/10).

Selain diharapkan segera ditindaklanjuti Pemerintah Pusat, pembangunan sekaligus pengembangan destinasi wisata Klungkung khususnya kawasan Nusa Penida diharapkan bisa sebagai titik ungkit Kabupaten Klungkung menjadi kabupaten mandiri.

Dalam kesempatan kemarin, tak lupa Suwirta menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ditengah pandemi  tetap menjalankan protokol kesehatan.

Dihadapan rombongan, Bupati memaparkan bahwasanya sebelum pandemi terjadi, kunjungan wisatawan ke Nusa Penida setiap harinya bisa lebih dari 10 ribu wisatawan.

"Harapan kami setelah Bapak Deputi dan Bapak Direktur datang kesini, ada tindak lanjut yang perlu ditangani dan kami akan terus berkoordinasi," ujar Bupati Suwirta seraya menyerahkan sebuah proposal penanganan dan pengembangan destinasi pariwisata.

Suwirta menambahkan bahwa phaknya telah melakukan berbagai promosisi pawriwisata melalui event seperti festival dan lainnya. kabupaten Klungkung memiliki anugrah alam yang luar biasa dengan masyarakat yang siap mendukung pengembangan destinasi wisata tersebut.

Selain itu,  Bupati juga berharap Nusa Penida dengan potensi yang luar biasa dan beragam statusnya ini bisa dilihat langsung oleh Bapak Menteri dan juga Presiden. Sehingga dengan melihat potensi yang ada, Nusa Penida sebagai titik ungkit peningkatan PAD Kabupaten Klungkung bisa dibangun dengan menyalurkan dana pusat.

"Mudah-mudahan dengan melihat potensi yang luar biasa ini beliau yakin bahwa Bali dan Klungkung khususnya Nusa Penida sebagai titik ungkitnya ini dibangun, Klungkung bisa menjadi kabupaten yang mandiri," harapnya.

Disisi lain, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari, mengatakan setelah berkeliling di Nusa Penida ada atraksi yang menarik dipulau ini, selain alam, budaya dan buatan manusia.

Menurutnya, alam yang menarik ini merupakan suatu magnet bagi segmen pasar tertentu. Bagi yang mencari pengalaman, ada jalan naik turun, gunung, pantai dan dasar pantai, inilah yang menarik dan harus dijual kepada calon wisatawan.

"Ini yang saya sebut sapta pesona, ada satu yang saya sebut yakni kenangan yang akan membuat turis kembali lagi," ujar Hari Santosa didampingi Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Wawan Gunawan.

Lebih lanjut pihaknya akan menyampaikan dipusat bahwa Nusa Penida sangat potensial dan juga anggaran untuk infrastruktur bisa dipercepat karena ketika nanti situasi sudah normal kembali, semua sudah siap, baik jalan, air dan listrik.

Hari Santosa meyakini kawasan Nusa Penida menjadi suatu destinasi yang didatangi oleh wisatawan sehingga memberi manfaat ekonomi dan kesejahteraan untuk Klungkung dan Nusa Penida.

"Saya percaya kepada bapak Bupati, OPD dan masyarakat yang sudah satu visi membangun pariwisata, itulah modal utama. Semoga dengan pemerintah pusat bisa berkolaborasi dan ikut memasarkan dan mempromosikan pariwisata Nusa Penida," sebutnya.  tutupnya. (Nic)

Komentar