Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi dan Pura Watu Klotok

Bupati dan Nyonya Ayu Suwirta muspayang pengusaban di Pura Kentel Gumi. (ist)

KLUNGKUNG -  Bertepatan dengan Tumpek Krulut Purnama Kelima, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta muspayang Pengusaban Jagat di Pura Agung Kentel Gumi dan Pura Watu Klotok Sabtu (31/10).

Turut hadir mengikuti prosesi, Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra bersama Ny. Mariati Winastra, Para Asisten, Kepala OPD, Camat serta prajuru adat setempat.

 Menurut Panitia Pawartaka Pura Agung Kentel Gumi Dewa Made Tirta Pengusaban jagat dilaksanakan setiap Purnama Kelima dilanjutkan dengan Nyejer selama 3 hari dan Nyineb pada Anggara Pon Merakih, Selasa (3/11) nanti.

Dewa Made Tirta mengatakan Pengusaban dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Para pemedek yang akan melakukan persembahyangan diatur secara bergiliran agar tidak berdesak-desakan. 

Bupati Suwirta dalam kesempatan itu berharap pemedek yang tangkil melakukan persembahyangan agar tetap mengikuti protokol kesehatan. Melalui Yadnya Pengusaban Jagat ini, Bupati mengajak seluruh masyarakat memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ida Bhatara yang berstana di Pura Agung Kentel dan Pura Watu Klotok agar selalu memberikan sinar suci dan kerahayuan sehingga pandemi Covid-19 yang sedang mewabah segera berakhir.

"Semoga kita selalu dalam lindunganNya dan pandemi ini segera berakhir," ujar Bupati Suwirta yang selalu hadir ditengah-tengah pelaksanaan Upacara Agama dengan mengikuti protokol kesehatan

 Dihari itu juga Bupati Suwirta juga mengikuti prosesi upacara piodalan Pujawali di Padmasana Kantor Bupati Klungkung, pujawali di Pura Dalem Pemuteran, Jelantik Kuribatu, Piodalan di Rumah Jabat (RJ) Bupati Klungkung, dan Karya Ngusaba Segara di Pura Segara Desa Adat Kusamba. 

Dumogi Labda Karya, tetap laksanakan protokol kesehatan serta tetap jaga pikiran, perkataan dan perbuatan kita agar alam beserta isinya selalu teduh dan damai. (Nic).

Komentar