Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

KNPI Klungkung Gelar Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana

Suasana peserta pelatihan kebencanaan yang digelar KNPI Klungkung. (ist)

KLUNGKUNG – Jajaran KNP Klungkung menggelar pelatihan Pemuda Tanggap Bencaca tahun 2020. Acara digelar selama tiga hari sejak Jumat-minggu (7-9/11) kemarin dan dibuka langsung Sekda Klungkung, Putu Gede Winastra di Gedung Pemuda KNPI KLungkung,Tegallinggah, Klungkung.

Pelatihan ini merupakan kegiatan ke 2 (dua) yang digelar KNPI Klungkung serangkaian memperingati  serangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92, sekaligus bentuk kepedulian di masa Pandemi.

Mewakili Bupati, pembukaan pelatihan ditandai dengan menyalakan obor semangat pemuda oleh Sekda Winastra dan berharap pelatihan Tanggap bencana angkatan ke 2 (dua) ini mampu membangkitkan semangat generasi muda Klungkung.

 “Saya minta semua peserta pelatihan Penuda Tanggap bencana angkatan ke II ini bisa mengikuti pelatihan dengan disiplin dan dengan penuh tanggung jawab. Karena pemuda adalah tumpuan harapan bangsa dimasa depan,” ucap Sekda Winastra.

 Sementara itu Ketua KNPI Klungkung, Anak Agung Gede Indra Prayoga menegaskan bahwa kegiatan adalah bentuk tanggung jawab pemuda yang diwadahi KNPI Klungkung terlebih lagi saat new normal Covid 19 saa ini, peran pemuda cukup penting dalama penanggulangan penyebaran Covid-19.  

Kegiataan ini, tegasnya diharapkan mampu menambah pemahaman pemuda terhadap bencana alam, dan pelatihan bisa meningkatkan kapasitas pemuda dalam melaksanakan Standart Operasional Prosedur Penanggulangan Bencana.

Selain itu Kabupaten Klungkung merupakan salah satu jalur Gunung Agung dan memiliki daerah kepulauan Nusa Penida yang dibatasi oleh lautan, sehingga pengetahuan dan keterampilan kebencanaan mutlak dimiliki oleh para pemuda.

“Peran pemuda saat new normal cukup penting dalam penanggulangan Covid-19 berikut antisipasi kejadian bencana alam sehingga kalangan pemuda bertindak sigap dalam setiap penanggulangan bencana,” papar Indra Prayoga yang juga putra ketua DPRD Klungkung ini.

Acara pelatihan kemarin diikuti oleh 25 peserta dari perwakilan OKP dibawah naungan DPD KNPI Kabupaten Klungkung, Karang Taruna, Sekaa Teruna, maupun perwakilan pemuda lainnya.

Ada pun materi yang diberikan antara lain Pengetahuan tentang Kerelawanan, Pandemi dan Breice Disaster Management, Pengetahuan Ambulan, Simpul, jerat dan kegunaanya, Ancor dan Back Up Ancor serta  pemindahan pasien dengan  sistem HAR dan  Komunikasi efektif dalam kebencanaan dengan menghadirkan pelatih dari jajaran BPBD Provinsi Bali dan sejumlah organisasi relawan lainnya. (Nik)

Komentar