Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Suwirta Tuntaskan Permasalahan Air di Pikat

Bupati Suwirta saat meninjau sumber air di Desa Pikat (Ist)

KLUNGKUNG -  Guna menuntaskan permasalahan air di Desa Pikat, Kecamatan Dawan,  Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Dirut PDAM Nyoman Renin, Kadis PU PERA, Anak Agung Gede Lesmana dan Camat Dawan, Dewa Widiantara   meninjau sejumlah sumber air yang ada di Desa Pikat, Rabu (18/11).

Kedatangan rombong Bupati Suwirta disambut Perbekel dan Prajuru Desa setempat di Kantor Desa Pikat.Kaur Pemerintahan Desa Pikat, Nengah Supamilu mengatakan sejumlah warganya di Dusun Sente, Dusun Glogor dan Banjar Cempaka belakangan ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan air PDAM.

Sebagian besar mengeluhkan air hanya mengalir saat malam hari dan memaksa warga untuk begadang supaya bisa mendapatkan air. Sejumlah  warga bahkan sampai harus mengambil air langsung ke sumur bor milik PDAM yang berada di Dusun Gelogor.   

Saat mengunjungi sumber sumber air yang berada di perbukitan Dusun Gelogor Desa Pikat, Bupati Suwirta mendapati sejumlah sumber air dan reservoir yang tidak dimanfaatkan oleh desa. Selain itu sumur bor milik PDAM yang terletak di Dusun Glogor juga tidak maksimal mampu dialirkan kerumah rumah warga. 

Mendapati kondisi seperti itu, Bupati Suwirta kemudian perintahkan Dinas PU dan PDAM untuk mengelola sumber air yang sudah ada untuk disalurkan kerumah rumah warga. Sumber sumber air yang belum dikelola maksimal ini diharapkan dapat mendukung sumur bor milik PDAM dalam memenuhi kebutuhan warga yang kesulitan mendapatkan air.

"Ada mata air dan resevoir yang sudah berisi air, tinggal dialirkan saja untuk mendukung sumur bor.  Sedangkan sumur bor PDAM di dusun Glogor tinggal dijeting untuk meningkatkan debit air dan didukung juga dari sumur bor yang berada di dekat kantor camat dawan, dengan demikian semoga persoalan kebutuhan air warga dapat diatasi," ujar Bupati Suwirta.

Kepada pihak desa, Bupati Suwirta perintahkan pada tahun 2021 untuk menyiapkan sekitar 10 % dananya dalam kegiatan ini. Sedangkan kepada Dinas PUPR Klungkung, Bupati Suwirta perintahkan mengatur anggaran 2021 untuk bisa merealisasikan PAMSIMAS Desa Pikat. 

"Pemerintah daerah Kabupaten Klungkung tengah serius dalam mencari solusi masalah pemenuhan kebutuhan dasar warga, dengan pembentukan PAMSIMAS diharapkan masyarakat tidak berlama lama dengan kondisi kesulitan air. Kegiatan ini juga merupakan upaya dalam mewujudkan program Desa Mandiri Air Minum," ujar Bupati Asal Nusa Ceningan ini tegas. (Nik)

Komentar