Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

APBD Induk 2021 Klungkung Rp 1.1 Trilyun Disahkan

Suasana Sidang Paripurna DPRD Klungkung pengesahan APBD Induk 2021. (Ist)

Klungkung - Sidang Parpurna DPRD Klungkung yang dilaksanakan secara Virtual ini sempat gelap gulita karena lampu sempat padam ini,membahas  terkait pandangan akhir dan pengesahan APBD induk 2021 bertempat di ruang Saba Nawa Natya, Rabu (25/11). 

Sidang yang dibuka Ketua DPRD Klungkung AA Gde Anom,SH dan dihadiri Bupati KLungkung Nyoman Suwirta serta wakil ketua Wayan Baru, Wakil Ketua  Cok Gde Agung serta sebagian besar anggota DPRD Klungkung.

Dari pendapat 5 fraksi dalam pandangan umum RAPBD Induk 2021,dengan diawali  Pendapat akhir Fraksi Nasdem dengan pembaca Wayan Mudayana yang secara singkat menyatakan menerima APBD Induk 2021 dengan catatan. “Kita Fraksi nasdem menerima APBD Induk 2021 dengan catatan,” Ujarnya .

Sementara Nyoman Mujana dari Fraksi Hanura terkait Ranperda APBD Induk 2021 menyinggung hari guru dimana penghargaan kepada para guru.Diharapkan ABPD Induk 2021 bisa menjadi dinamisator dan stabilisator dalam rangka mengemban misi klk yang unggul dan sejahtera. Fraksi Hanura meminta kepada inspektorat melakukan pengawasan oengadaan barang .minta kemudahan investasi serta pembangunan Mall Pelayanan Publik kebih berbasis elektronik.

“Minta kepada PDAM Klungkung agar bisa melayani masyarakat akan air minum dengan  melakukan pinjaman PEN untuk memperbaiki jaringan instalasi perpipaan dengan baik.Terkait pembelajaran tatap muka siswa yang akan dimulai tahun depan minta agar dipersiapkan dengan  baik agar jangan tumbul klaster baru covid 19,” Terang Nyoman Mujana.Intinya Fraksi Hanura dapat menerima dan menyetujui Ranperda APBD Induk  2021

Wayan Misna sebagai pembaca Fraksi PDI.P menyinggung meninggalnya anggota DPRD Klungkung Ni Nyoman Martini serta peringatan Hari puputan Margarana. Menyinggung alotnya pembahasan RAPBD adalah demi kepentingan masyarakat Klungkung sebagai wujud keberpihakan kepada wong cilik. Walaupun demikian fraksi PDI.P Klungkung menerima dan menyetujui pengesahan RAPBD Induk 2021.

“Kita Mendukung pusat kebudayaan Bali di kabupaten Klungkung dan  Mall pelayanan publik sangat mendukung sebagai pusat pelayanan satu pintu. Rencana pinjaman PEN dinilai kurang profesional,” Ujar Misna tegas.

Dari Fraksi Golkar Kadek Widya Sumartika dapat menyetujui rancangan APBD 2021 dengan catatan  rencana pemanfaatan tata ruang perlu dipertegas. Sementara jalan lingkar nusa penida  partai Golkar merasa pesimistis dengan rencana pinjaman pusat jika pembebasan lahan dibebankan pada APBD Klungkung.

Sementara pandangan akhir Fraksi Partai Gerindra yang dibacakan Wayan Widiana menyampaikan bela sungkawa yang sedalam dalamnya atas meninggalnya anggota dewan Ni Nyoma Martini,SSos.

“Fraksi Gerindra menerima RAPBD 2021 dengan catatan agar PDAM Klungkung bisa melayani masyarakat selama 24 jam.Sementara terkait dalam penegakan hukum agar tegas tanpa tebang pilih terkait pelanggaran protokol kesehatan,” Ujar Wayan Widiana mengingatkan..

Bupati Suwirta sebagai pemungkas usai sidang Paripurna penetapan APBD Induk 2021 ini,menyambut baik seluruh fraksi DPRD Klungkung yang telah menyetujui RAPBD induk 2021

“RAPBD Induk tahun 2021 ini yang dirancang 1,1 Triliyun. Saya berjanji akan megetatkan persetujuan anggaran untuk meminimalisir adanya silpa dengan anggaran yang efisien,” Ujarnya tegas. (Nik) 

Komentar