Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tekan Covid-19, Kodim 1619/Tabanan Bentuk Satgas Kerumunan

(Istimewa)

TABANAN - Jajaran Kodim 1619/Tabanan membentuk Satuan Tugas (satgas) kerumunan guna menekan tingkat penyebaran Covid -19 di Tabanan. Upaya ini dibarengi dengan kegiatan menggencarkan Kembali Operasi Yustisi Gabungan Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan.

Menurut Pasiops Kodim 1619/Tabanan, Kapten Inf Putu Sumarnia seijin Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menyampaikan pembentukan satgas tersebut dilakukan sesuai arahan Korem 163/Wirasatya dan Kotama Kodam IX/Udayana agar menggencarkan lagi kegiatan pendisiplinan masyarakat dengan membentuk Satgas Kerumunan.

“Satgas bertugas untuk menegor dan membubarkan kerumunan yang ada di wilayahnya tentunya dengan cara yang humanis dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya, Kamis (24/12).

Kapten Putu Sumarnia menyebutkan Satgas merupakan Gabungan dari Satuan TNI (Kodim 1619/Tabanan, Gudmurah Paldam IX/Udy dan Rindam IX/Udy), Polri dari Polres Tabanan, Sat Pol PP Kabupaten Tabanan dan Unsur Adat yaitu dari Pecalang.

 Satgas akan mulai bertugas sejak Kamis kemarin dan terus akan digencarkan hingga setelah Tahun Baru 2021 sesuai araan dengan melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan terhadap masyarakat di Wilayah Kabupaten Tabanan yang saat ini masih menunjukkan tren peningkatan kasus dengan melaksanakan pendisiplinan prokes.

Sejumlah tempat yang menjadi antisipasi kerumunan diantaranya, lokasi atau tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya kerumunan seperti di Obyek Wisata, Pasar modern maupun tradisional, tempat Ibadah dan Fasilitas Umum lainnya dengan demikian diharapkan seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Satgas ini juga akan melakukan penindakan terhadap pelanggar yang tidak mentaati aturan penerapan disiplin prokes sesuai dengan Pergub Bali no 46 tahun 2020 maupun Perbup Tabanan no 44 tahun  2020,” urainnya.

Dalam tekhnis pelaksanaannya Tim Patroli Gabungan akan melaksanakan kegiatan patroli intensif setiap harinya dengan jeda waktu yaitu pagi, siang, sore dan malam hari.

Adapun Kegiatan Tim Patroli Gabungan ENFORCE Kerumunan yang perdana di mulai hari ini pukul 09.00 wita berangkat melaksanakan Patroli Gabungan dengan sasaran DTW Ulun Danu Beratan Baturiti dan Obyek Wisata Kebun Raya Eka Karya Bali Baturiti dengan melibatkan personel TNI 10 orang, Polri 10 orang, Satpol PP 10 orang dan Pecalang 5 Orang.

Pada saat patroli disampaikan himbauan secara humanis agar para pengunjung, wisatawan, pelaku usaha, pelaku wisata dan seluruh masyarakat yang berada di DTW Ulun Danu dan Kebun Raya Eka Karya Bali agar tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya 3 M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan pakai sabun di air yang mengalir dan menjaga jarak orang perorang minimal 1-2 meter serta agar menghindari Kerumunan serta dilarang menimbulkan kerumunan.

"Mudah-mudahan dengan Upaya kita bersama ini dengan gencarnya melakukan Patroli Pendisiplinan kasus Covid-19 di Tabanan dapat di tekan hingga seminimal mungkin hingga 0 % itu harapan kita Bersama," tutup Pasiops. (Cia)

Komentar