Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tabanan Gencarkan Penegakan Prokes

(Ist)

TABANAN – Upaya mendisiplinkan masyarakat dengan penegakan Prosesedur Kesehatan (prokes) terus digencarkan di sejumah lokasi keramaian di Tabanan. Kali ini upaya penegakan prokes digelar di pasar Pesiapan dengan melakukan swab antigen berikut pembangian masker bagi pengunjung pasar.

Upaya pendisipilinan tersebut dipimpin langsung Dandim 1619/ Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto dengan menggandeng jajaran Dinas Kesehatan, jajaran aparat Mapolres Tabanan, dan Sekda Tabanan. Senin (1/2).

Dandim Toni Sri Hartanto mengungkapkan operasi pendisiplinan bertujuan agar masyarakat semakin sadar dan paham akan pentingnya 3 M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) di masa adaptasi baru saat ini.

“Karena saat ini temuan kasus Covid-19 di Tabanan semakin tinggi sehingga memaksa pemerintah memperpanjang PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat),” ungkap Dandim.

Toni mengungapkan bahwa upaya penegakan pendisiplinan semakin gencar dilakukan dengan mengedepankan Satpol PP sekaligus mengajak Dinas Kesehatan dalam hal ini untuk melaksanakan swab antigen ditempat untuk mendeteksi OTG (Orang Tanpa Gejala) yang kemungkinan ada di sekitar Tabanan.,

“Sehingga apabila ditemukan segera kita ambil langkah selanjutnya dengan demikian kita harapkan dapat menekan kasus Covid Tabanan ke zona orange, kuning bahkan hijau,” tambahnya.

Dijelaskan, tes Swab Antigen ini juga merupakan bagian dari Operasi 3T (Testing, Tracing dan Treatment) guna mencegah penyebaran Covid-19.  Upaya 3M dan 3T digencarkan sebagai langkah intensif untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 ini.

Lebih jauh Dandim menghimbau agar seluruh masyarakat Tabanan semakin sadar dan paham akan pentingnya 3M dan 3T dan bahayanya virus Covid-19 dan ke depan masyarakat tidak tidak perlu di himbau maupun diberukan Tindakan, melainkan dengan sadar sediri melindungi diri, keluarga, orang lain.

Dalam kesempatan tersebut, 42 orang warga dilakukan  swab antigen dengan hasil seluruhnya negatif dan sekaligus membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung serta penumpang trans metro dewata yang ada di terminal Pesiapan. (Cia) 

Komentar