Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Penerapan PPKM, Kasatgas Susila Harap Tabanan ‘Zero’ Covid-19

(Ist)

TABANAN – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Tabanan, I Gede Susila berharap angka kasus penyebaran Covid-19 terus menurun hingga Kabupaten Lumbung Beras Bali ini dinyatakan bebas  atau ‘Zero’ Covid-19. Untuk itu, penerapan PPKM atau pembatasan kegiatan masayarakat dinilai cukup efektif guna menekan angka kasus Covid-19.

Sayangnya, tegas Susila, masyarakat Tabanan hingga saat ini belum sepenunhnya memahami penerapan PPKM dengan baik.

"Padahal semua dilakukan untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tidak ada maksud merugikan masyarakat," tegas Susila dalam kesempatan acara ‘Kopi Pewarta’ yang digelar di Ruang Rapat,Kominfo Kabupaten Tabanan secara virtual, Rabu,(24/2).

Dijelaskan, PPKM Mikro II merupakan pembatasan pergerakan masyarakat. Dalam hal ini, peran Desa cukup penting untuk mengawasi kegiatan masyarakat karena penyebaran didominasi melalui kerumunan sampai saat ini.

"Bila masyarakat sadar maka, optimis penyebaran Covid-19 dapat diatasi tentunya dengan tetap menerapkan 3M secara ketat," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Susila menyampaikan bahwa Pemerintah dalam hal ini sangat memahami keluhan pedagang dan masyarakat dalam kondisi saat ini. Namun demi tujuan yang lebih baik menuju Tabanan bebas Covid-19, maka masyarakat juga diminta agar sadar dengan upaya penerapam PPKM tahap dua sesuai anjuran pemerintah pusat.  

Disisi lain, Kepala Satpol PP Tabanan, I Wayan Sarba menyampaikan,  tetap Sapol PP bergerak bersama dalam penerapan PPKM Mikro.Akan tetapi, saat ini penindakan diserahkan kepada Satgas desa sedangkan Satpol PP hanya membackup.

"Pertimbangan,Efektifitas dan Efisiensi tentunya juga.Sehinga tidak malah menimbulkan kerumunan lagi," jelasnya.

Dalam kaitang dengan hal tersebut Satpol PP membackup desa dua kali dalam sehari.

"Kalau diminta desa, kami selalu siap sedia.Tidak benar carut marut karena ada perubahan saja,"ucapnya.

Wakapolres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel melanjutkan, Pihak Kepolisian telah melakukan upaya-upaya pencegahan dalam menekan penyebaran Covid-19.Terkait pelaksanaan PPKM diperpanjang karena, PPKM dinilai telah berhasil.

"Program Polri pencegahan sampai tingkat desa juga dilakukan, mulai melatih Babinkamtibmas untuk membantu tenaga kesehatan di desa melakukan tracer," cetusnya.

Kapolres Tabanan terkait hal tersebut juga telah menyediakan masker secara gratis.Jadi bukan menyengsarakan, akan tetapi menyehatkan masyarakat dengan membagikan masker secara gratis.

"Tindakan di lapangan bukan untuk menakut-nakuti masyarakat," katanya.

Kemudian Kasdim Tabanan Mayor (inf) Dewa Putu Oka mengatakan, sampai saat ini telah dilakukan koordinasi dengan baik, melaksanakam operasi gabungan sehari dua kali dalam pencegahan dan penyebaran virus Covid-19.

"Kami juga telah melakukan pelatihan ke para Babinsa guna membantu tenaga medis di desa-desa nantinya," sebutnya.

TNI juga telah menyumbang 35 wastafel  dipasang di tempat-tempat keramaian.Selain itu juga, Donor darah,donor plasma,rapid antigen sampai pembagian masker.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan,dr. I Nyoman Suratmika menyebutkan,sudah tidak ada zona merah sudah ada penurunan jumlah kasus sebagian besar telah masuk zona hijau.

"Adanya pergeseran pergerakan penduduk, jika dilihat pergeseran penduduk paling tinggi," ujarnya.

Melakukan pencegahan 3M penting tetap diterapkan dengan disiplin.

"Pada prisnsipnya perlu kesadaran kita bersama jangan saling tunjuk atau jangan saling menyalahkan," terangnya.

Selanjutnya Perwakilan dari salah satu Masyarakat Tabanan,Suriadi Darmoko mengatakan, jika bisa enerapan PPKM sebaiknya tidak diterapkan di zona hijau oleh Pemerintah.

"Untuk penutupan tempat usaha jika bisa di zona hijau tidak usah dilakukan penutupan lagi," harapnya.

Acara Program Komunikasi Penuh Inspirasi (KOPI) Pewarta sendiri digagas oleh awak media yang betugas di Tabanan dan tergabung dalam Pewarta. Acara ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya di launching oleh Bupati Eka Wiryastuti.

Ketua  Pewarta, Donny Darmawan menyatakan  bahwa acara Kopi Pewarta menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif dan memberikan ruang kepada pemerintah terkait permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

"Topik tersebut kami (Pewarta) diangkat semata-semata agar PPKM ke depan dapat berjalan lebih baik,”  kata Doni. (Cia)

 

Komentar