Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemrov Bali Gelar Vaksinasi Massal Tiga Kawasan Hijau

Gubernur Bali, I Wayan Koster. (Ist)

GIANYAR – Pemerintah Provinsi Bali melaksanakan  program vaksinasi di tiga Kawasan hijau yakni Kawasan Ubud, Nusa Dua, Sanur yang digelar secara serentak. Upaya ini merupakan bagian dari upaya akselerasi pemulihan kesehatan masyarakat sekaligus pemulihan ekonomi Bali.

Upaya vaksinasi massal itu ditinjau langsung Gubernur Bali, I Wayan Koster dengan didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dengan turun langsung melakukan peninjauan di kawasan Ubud, Senin (22/3).

Upaya vaksinasi di Kawasan Ubud digelar serentak di empat titik berbeda yakni di Br. Pande Desa Sayan, Pura Dalem Suargan Desa Kedewatan, Central Parkir Monkey Forest, serta Br. Nagi Desa Petulu.

"Sesuai pencanangan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, ketiga wilayah ini ditetapkan sebagai wilayah Zona Hijau. Di mana nanti pada saatnya akan dibuka lebih awal sebagai daerah tujuan wisata domestik dan mancanegara yang aman dari pandemi Covid 19. Untuk itu ketiga wilayah ini  diprioritaskan mendapat vaksinasi," papar Koster.

Gubernur asal Desa Sembiran Buleleng yang sebelumnya menjabat anggota DPR RI tiga periode ini menerangkan bahwa  untuk wilayah Ubud, jumlah warga dan tenaga kerja pariwisata yang harus mendapat vaksinasi jumlahnya mencapai 47 ribu orang lebih.

“Kebutuhan vaksin tahap I sudah di drop semua sesuai keperluan bahkan lebih.  Diharapkan bisa selesai sesuai rencana yakni selama tujuh hari," imbuh Koster di sela - sela peninjauan yang  turut dihadiri Kapolda Bali Putu Jayan Danu serta Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha.

Disisi lain, kesiapan Pemkab Gianyar di bawah kepemimpinan Bupati Made Agus Mahayastra dalam pelaksanaan vaksinasi massal berbasis banjar tersebut pun mendapat apresiasi dari Orang Nomor Satu di Bali ini.

"Saya meyakini apa yang dilakukan Pak Bupati melalui manajemen vaksinasi berbasis banjar, dimana turut melibatkan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya sebagai penanggung jawab. Jadi tiap OPD diberikan mandat pengawasan vaksinasi di wilayah Ubud yang mencakup 33 banjar, dengan target per banjar sebanyak 200 orang per hari. Jadi jika dihitung - hitung, target 47 ribu itu saya kira pasti bisa tuntas dalam 7 hari," ujarnya optimis.

"Inovasi manajemen vaksinasi lainnya yang dilaksanakan dalam upaya mensukseskan program ini, yakni keterlibatan Nakes pihak RS swasta, disamping RS milik pemerintah. Dan ini semua ngayah, tanpa biaya. Ini kan sifatnya kemanusiaan, jadi sudah sewajarnya kita bergotong-royong. Semoga bisa ditiru seluruh Pemkab/Pemkot se-Bali, pada saat vaksinasi massal berikutnya," pinta s Gubernur Koster sembari melanjutkan peninjauan.

Sementara itu, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra sepanjang peninjauan antusias menyampaikan terobosan yang dilaksanakannya guna menyukseskan vaksinasi massal di wilayahnya, terutama terkait keterlibatan 37 OPD yang dipimpinnya sebagai penanggungjawab kegiatan, serta dukungan nakes swasta dalam teknis vaksinasi.

"Tindakan medis sudah dilaksanakan sehari sebelumnya yakni kemarin apabila ada yang menderita keluhan, sehingga hari ini tinggal verifikasi dan lanjut vaksinasi. Sehingga pelaksanaannya pun lebih cepat. Kami pun telah menyiapkan ambulance yang standby di masing - masing lokasi vaksinasi, untuk antisipasi kondisi emergency apabila terdapat warga yang mengalami keluhan berat seusai divaksin," ujar Mahayastra. (Cia) 

Komentar