Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tersesat di Gunung Batur, Dua Pendaki Selamat Dievakuasi Basarnas

(Ist/Basarnas)

KARANGASEM - Dua orang pendaki berhasil diselamatkan tim gabungan penyelamat di Gunung Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Kedua pendaki bernama Misel (27) dan I Made Yoga (29) tersesat usai melakukan pendakian malam hari hingga mendekati kawah Gunung Batur.

Pendaki memutuskan berhenti melakukan perjalanan karena kondisi gelap sementara jalan tidak tidak terlihat jelas dan memutuskan berlindung sambil menunggu bantuan.

Kepala Kantor Basarnas Bali, I Gede Darmada menerangkan, laporan perihal dua pendaki tersesat diterima Sabtu, 31 Juli 2021 sekitar pukul 07.50 WITA.

Laporan disampaikan saksi I Kadek Astaman dan mengharuskan Basarnas segera menurunkan tim guna melakukan evakuasi.

Sebanyak 14 personil dikerahkan kemudian berangkat untuk melakukan evakuasi di lokasi korban meminta tolong untuk dievakuasi.

“Awalnya korban melakukan pendakian pada malam hari, karena kondisi gelap dan jalan tak terlihat jelas, mereka baru sadar berada di jalur kawah,” ungkap Gede Darmada.

Dengan membawa sejumlah peralatan pendakian dengan dibantu anggota tim SAR gabungan lainnya, dua pendaki itu akhirnya berhasil diselamatkan.

Upaya evakuasi dilakukan dengan menyelamatkan pendaki Misell terlebih dahulu dilanjutkan penyelamatan I Maede Yoga.

Selanjutnya kedua pendaki dilakukan pendalaman kronologis kejadian dengan pihak polsek setempat dan setelahnya kembali ke rumah masing-masing. (Tim/LB1)

Komentar