Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wagub Cok Ace Apresiasi Keterlibatan Akedemisi dalam Pemulihan Bali

(Ist)

DENPASAR - Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mendukung pelibatan peran akademisi dalam upaya pemulihan Bali yang mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Dukungan tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Penguatan Sistem dan Strategi Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Bali yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (19/8/2021).

Rakor digelar dengan pola hybrid, perpaduan offline dan online. Wagub Cok Ace, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan undangan dengan jumlah terbatas mengikuti secara offline dari Ruang Prajasabha Kantor Gubernur Bali.

Sedangkan undangan lainnya yang terdiri dari peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta tokoh adat terhubung secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Mengawali sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa dalam beberapa hari terakhir telah terjadi trend penurunan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya capaian itu tak terlepas dari sinergi yang dibangun pemerintah pusat, BNPB, pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang didukung berbagai elemen masyarakat.

“Semuanya bahu membahu, bekerja keras dengan semangat tinggi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Bali,” ucapnya.

Ia berharap, trend penurunan kasus Covid-19 ini bisa terus berlanjut sehingga perekonomian Bali bisa segera pulih.

Lebih lanjut Guru Besar ISI Denpasar ini menginformasikan, pandemi Covid-19 tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga memporakporandakan perekonomian Daerah Bali.

Sebagai Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Bali, Wagub Cok Ace berharap border pariwisata bisa dibuka dengan menetapkan skema tertentu yang tak mengabaikan faktor kesehatan.

Terkait dengan upaya penguatan peran akademisi, Panglingsir Puri Ubud ini menyambut baik riset kebencanaan dan KKN Tematik yang diselenggarakan BNPB. Ia berharap, riset para peneliti dapat menghasilkan masukan dan solusi yang implementatif.

Selain itu, Wagub Cok Ace menyambut gembira terpilihnya Bali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 mendatang.

Menanggapi apa yang disampaikan Wagub Cok Ace, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito mengaku sangat memahami situasi yang dihadapi Pulau Dewata.

Sebagai daerah yang sebagian besar ekonominya bertumpu pada sektor pariwisata, Bali mengalami dampak ekonomi yang sangat signifikan.

“Pariwisata membutuhkan mobilitas manusia, sementara situasi pandemi memaksa kita sementara waktu melakukan pembatasan agar laju penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Menurutnya ada tiga pilar yang perlu dikuatkan dalam strategi penanganan Covid-19 yaitu penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker,rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir dan menjaga jarak), optimalisasi 3T (Testing, Tracing dan Treatment) dan cakupan vaksinasi.

Untuk cakupan vaksinasi, ia menyebut capaian Bali sangat baik. Dengan road map pengendalian Covid-19 yang telah dirancang pemerintah, ia yakin Bali secepatnya bisa bangkit.

Terlebih, pemerintah sangat berkepentingan dengan pulihnya Bali karena pada tahun 2022 mendatang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR.

Dijelaskan Ganip, GPDRR merupakan forum dua tahunan yang dibentuk United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR). Forum ini bertujuan meninjau kemajuan berbagai pengetahuan, mendiskusikan perkembangan dan trend terbaru dalam penanganan kebencanaan. Forum tersebut rencananya akan dihadiri 193 negara dengan 5 ribu hingga 7 ribu peserta.

“Itu sebabnya, kita sangat berkepentingan dengan upaya pemulihan Bali. Ini juga kesempatan yang sangat baik untuk menganggap citra kita,” imbuhnya.

Di lain pihak, Ganip berpendapat upaya percepatan penanganan Covid-19 bisa berjalan optimal dengan pendekatan kearifan lokal. Salah satu langkah yang ditempuh BNPB adalah menggandeng akademisi dalam riset kebencanaan dan KKN tematik. Riset kebencanaan melibatkan 49 peneliti dari 23 Perguruan Tinggi dan terbanyak dari Daerah Bali.

“Sedangkan KKN tematik diikuti 5.000 mahasiswa. Mereka langsung diterjunkan menjadi agen perubahan dalam penanganan masalah sosial di masyarakat,” urainya.

Pada bagian lain, Ganip juga menyinggung trend perkembangan Covid-19 yang terus bermutasi. Mencermati hal itu, ia mengatakan bahwa nantinya kebijakan akan diarahkan pada perubahan status pandemi menjadi endemi.

“Nantinya kita harus siap berdampingan dengan Covid-19, tetap produktif tapi tetap aman. Kuncinya adalah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Rakor diakhiri dengan penyerahan sertifikat partisipasi kepada sejumlah universitas yang terlibat dalam riset kebencanaan dan KKN tematik.

Usai memimpin rakor, Ketua BNPB Ganip Warsito didampingi Wagub Cok Ace melepas kendaraan pengangkut 500 ribu masker di parkir VIP areal Kantor Gubernur Bali. 500 ribu masker itu akan didistribusikan ke seluruh Bali sebagai bagian upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

“Sebelumnya kami sudah kirim 500 ribu, ditambah hari ini totalnya kita sudah mendistribusikan 1 juta masker untuk Bali,” pungkasnya. Acara rakor dan pelepasan kendaraan masker juga dihadiri Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin. (Tim/LB1)

Komentar