Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kasus Pemukulan di Desa Sidatapa Buleleng Sepakat Damai

Gubernur Wayan Koster bersama Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat kesepakatan damai, Selasa (7/9). (Ist)

SINGARAJA -  Kasus pemukulan di Desa Sidatapa Buleleng yang sempat mencuat beberapa waktu lalu akhirnya berkahir damai antara kedua belah pihak.

Kesepakatan damai antara Dandim 1609/ Buleleng, Muhammad Windra Listrianto selaku pihak pertama dan Kadek Dicky Okta Andrean warga Desa Sidatapa disampaikan saat Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melakukan mediasi di Makodim 1609/Buleleng pada Selasa (Anggara Umanis, Landep) tanggal 7 September 2021.

Hadir dalam kesempatan kemarin, Bupati Buleleng, Wakil Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng, Kejari Buleleng, Kapolres Buleleng, Perbekel Desa Sidatapa, Bendesa Adat Sidatapa, dan tokoh masyarakat Desa Sidatapa.

Sebelumnya  kesalah pahaman terjadi pada saat Tim Satgas Covid-19 sedang melaksanakan tugas dan berujung pemukulan yang dilakukan oleh pihak kedua, yang kemudian menimbulkan reaksi spontan oleh anggota pihak pertama dengan melakukan pemukulan kepada pihak kedua pada hari Senin, 23 Agustus 2021 di Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Dalam mediasi itu, menghasilkan Surat Kesepakatan Perdamaian dengan 3 pernyataan, yaitu : 1). Bahwa pihak pertama dan pihak kedua sepakat untuk saling memaafkan dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dimaksud; 2). Bahwa pihak pertama dan pihak kedua akan mencabut masing-masing laporan polisi baik di Polres Buleleng maupun di Denpom IX/3 Denpasar; dan 3). Bahwa dengan ditandatanganinya surat kesepakatan perdamaian ini, para pihak menyatakan sepakat permasalahan tersebut telah selesai dan tidak akan melakukan penuntutan hukum di kemudian hari.

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam konferensi persnya meminta semua pihak mendukung upaya damai antara kedua belah pihak dengan menciptakan situasi yang kondusif dan tidak memanas-manasi, serta tidak mengadu-domba para pihak, karena masalah ini sudah selesai.

“Pagi hari ini saya bersama Bapak Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak hadir di sini (Makodim 1609/Buleleng, red) dalam rangka menyelesaikan masalah Sidatapa secara damai, dan tadi sudah dilakukan upaya secara damai, serta sudah tanda tangan dengan menyampaikan sepakat mengakhiri masalah tersebut, tidak ada lagi proses hukum, dan semuanya kembali pada posisi damai,” ucap Koster.  

Gubernur Koster menambahkan bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah besar yakni pandemi covid-19 yang memerlukan kerja keras bersama, serta memerlukan sinergi dari berbagai pihak di dalam penanganan covid-19 di Bali pada khususnya.

“Untuk itu, saya bersama Bapak Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Kejati Bali, Pengadilan Tinggi, Bupati/Walikota Se-Bali tengah bekerja keras untuk menangani pandemi covid-19 agar semakin baik, dengan harapan segera Kita bisa memulihkan kembali kepercayaan masyarakat luar terhadap Bali sebagai destinasi wisata dunia dan kehidupan masyarakat Bali segera normal kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menyatakan, dari sejak awal kita sudah ada harapan-harapan untuk bisa damai.

“Pada intinya, keduanya juga ingin damai dan masalah ini saya pikir sudah selesai. Jadi, lawan kita sekarang itu adalah covid-19 dan kemiskinan. Sehingga kita jangan habiskan waktu dengan persoalan-persoalan seperti ini. Buleleng ini sudah baik mengatasi covid-19, bahkan bisa jadi contoh dalam menghadapi covid-19,” tegas Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Sebagai penutup, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, kita sangat berharap rekan-rekan media, tokoh masyarakat semua senantiasa mengingatkan masyarakatnya terhadap bahaya covid-19, karena dalam mengatasi covid-19 di Bali memerlukan kekompakan. “Kalau tidak kompak, Kita akan terus seperti ini,” pungkasnya.

Setelah melakukan konferensi pers di Makodim 1609/Buleleng, Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak langsung melakukan blusukan ke Balai Banjar Delod Pura, Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Dalam blusukannya tersebut, Gubernur Bali membagikan bantuan beras kepada masyarakat Desa Sidatapa.

Gubernur Bali di hadapan masyarakat tidak henti-hentinya mengimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19. Selain itu, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini juga mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi yang sedang digencarkan oleh Pemerintah.

“Kemudian apabila ada warga di Desa Sidatapa yang mengalami disabilitasagar segera dilaporkan ke Perbekel, sehingga para penyandang disabilitas kita cepat mendapatkan vaksin Sinopharm agar sehat,” ujar Gubernur Bali, Wayan Koster. (Tim/LB1)

Komentar