Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Dana Serahkan Alat dan Mesin Pertanian

Bupati Karangasem, I Gede Dana. (Ist)

KARANGASEM  - Bupati Karangasem I Gede Dana  menyerahkan bantuan traktor roda 2 sebanyak 8 unit, 8 unit cultivator dan 2 unit rice transplater kepada subak/kelompok tani di Kabupaten Karangasem , Rabu 13 Oktober 2021 di UPTD BPPP depan SPBU Jasri.

Bupati menyampaikan, Alsintan menjadi salah satu terobosan baru dalam pembangunan pertanian untuk mengatasi permasalahan keterbatasan jumlah tenaga kerja di pedesaan, juga dapat mendukung dua komoditas target swasembada seperti padi dan jagung.

Alsintan diharapkan menjadi bagian dalam peningkatan produktivitas pertanian,

“Bantuan Alsintan yang selama ini diberikan kepada kelompok tani, harus dirawat dan dikelola dengan baik dan bisa digunakan bagi seluruh petani dan kelompok tani,” kata Bupati.

Ditambahkannya, kepada Kelompok Tani yang menerima bantuan Alsintan agar dapat lebih bertanggungjawab dalam hal pemeliharaan dan pemanfaatan alat tersebut sehingga nanti dengan adanya bantuan Alsintan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pertanian yang ada di Kabupaten Karangasem.

Utamanya menuju terwujudnya pembanguan pertanian yang tangguh dan mandiri dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani serta nelayan.

“Kepada kelompok tani penerima bantuan agar dapat berkoordinasi dengan baik kepada anggota kelompok tani dalam hal pemanfaatan Alsintan tersebut agar dapat memelihara, menjaga, mengelola dan menggunakan dengan baik sehingga alat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak cepat rusak tidak disalah fungsikan atau digunakan untuk hal lain,” ujarnya.

Dalam jangka pendek, sektor pertanian dalam arti luas harus menjadi sektor terdepan dalam upaya mengentaskan kemiskinan, perannya tidak hanya dari segi peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja namun juga menjaga stabilitas harga pangan yang didukung oleh penyedia stok pangan.

“Peran Dinas Pertanian sangat penting dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan pertanian yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Karangasem,” harap Bupati.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Karangasem , Drs I Nyoman Tari mengatakan subak atau kelompok tani penerima bantuan ini adalah yang sudah terdaftar di SIMLUHTAN berdasarkan pengajuan proposal yang telah direkomendasi serta diverivikasi oleh koordinator BPP dan Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem. (Tim/Nick/LB2)

Komentar